Perbedaan Search Engine Google, Bing dan Yahoo

Perbedaan Search Engine Google Bing Yahoo


Perbedaan Search Engine Google, Bing, Yahoo - Suatu Mesin Pencari atau Search Engine pada umumnya mempunyai tugas, fungsi dan cara kerja yang sama yaitu Crawling and Indexing dan Providing Answer untuk penjelasan lengkap mengenai ketiga istilah tersebut, Anda bisa membacanya di Cara Kerja Search Engine.



Namun, Source Code yang ditancapkan pada setiap Mesin Pencari tentunya berbeda antara satu dengan yang lain. Masalah inilah yang nantinya akan kita bahas dan kupas tuntas.



Agar artikel ini lebih panjang menarik, kita cari tahu dulu Perbedaan Dari Masing-masing Search Engine dalam hal Sejarah dan Fitur



Awalnya, nama Google muncul akibat kesalahan eja dari kata Googol, yang berarti angka satu yang diikuti 100 angka nol. Ini menunjukkan ambisi kedua pendiri, Larry Page dan Sergey Brin, untuk mengelola sebanyak mungkin informasi di dunia. Layanan mesin pencari ini terkenal dengan tampilan halaman putih dengan tulisan logo berwarna-warni. Google memiliki layanan pencarian kata kunci audio, gambar, video, peta, berita, dan instant search.



Perusahaan ini juga mengembangkan Fitur Knowledge Graph, yang berupa kotak pada sisi kanan laman pencarian.




Berbeda dengan Google yang serba putih, layanan mesin pencari milik Microsoft ini selalu memasang latar belakang foto alam yang menakjubkan. Diluncurkan empat tahun lalu, layanan ini sempat berubah nama tiga kali, dari Live Search, Windows Live Search, hingga MSN Search.



Kecepatan akses dan loading memang menjadi kelebihan khusus yang dimiliki oleh Bing, bahkan untuk konten file video sekalipun. Microsoft selaku pengembang situs ini lantas menghadirkan Fitur Smart Video Preview menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu tidak lebih dari 30 detik untuk dapat mem-preview sebuah tanyangan melalui Bing Videos. Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam sekejap hanya dengan mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.


Yahoo! sempat menjadi raja situs pencarian lewat tampilan direktori saat diluncurkan pada 1995. Didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo, Yahoo! sempat identik dengan Internet itu sendiri dan menjadi portal pertama yang dikenal banyak orang. Pada 2009, setelah tersalip Google, Yahoo! menjalin kerja sama dengan Bing sebagai mesin pencari.



Mulai Februari tahun ini, manajemen Yahoo! merombak mesin pencarinya dan mengembangkan Fitur Interest Graph Search, yang muncul pertama kali dalam bentuk berbeda, yaitu fitur newsfeed di laman utama.


Itu untuk, Perbedaan mengenai Sejarah dan Fitur. Lantas bagaimana dengan Perbedaan Source Code dari ketiga Search Engine tersebut ? untuk ini saya sendiri juga tidak bisa menjawabnya dengan pasti karena saya tidak bekerja di ketiga perusahan raksasa tersebut.



Namun, jangan khawatir, saya pernah melakukan sedikit riset antara Bing dan Google.



Dahulu kala, atau tepatnya 1 Tahun yang lalu, saya membeli secara gratis 2 domain TLD (vivovace.com dan vedralny.com), kedua domain ini seperti api dan air. Kenapa saya bilang gitu ? karena pada vedralny saya terapkan Teknik Optimasi On Page sementara vivovace saya gunakan Optimasi SEO Off Page.



Saya kerjakan selama 1 bulan, setelah itu saya check kedua site ini di Google dan Bing hasilnya cukup mengejutkan.



Vedralny lebih unggul di Bing ketimbang Google, sementara Vivovace justru sebaliknya mendapat urutan atau hasil yang lebih baik di Google daripada Bing.



Kesimpulan : Dari sini kita bisa menyimpulkan, jika ingin Blog Anda eksis di Google maka perbanyaklah BackLink, sebaliknya jika ingin nongkrong di pejwan Bing Optimasikanlah On Page pada Blog Anda. Mungkin Anda akan bertanya, lha riset untuk Yahoo gimana ? Yahoo dan Microsoft menggunakan mesin pencari yang sama yaitu (Bing Search).



Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai perbedaan dari google, bing dan yahoo semoga bisa, memberikan kita manfaat di bulan yang penuh berkah ini.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Perbedaan Search Engine Google, Bing dan Yahoo di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :