Pengertian SERP | Cara Cek Posisi Blog di SERP


Pengertian SERP | Cara Cek Posisi Blog di SERP - Apa sih yang dimaksud SERP ? mudahnya SERP atau Search Engine Results Page adalah Halaman hasil mesin pencari, hehe gak enak banget kan kalau diartikan secara harfiah.

Arti yang paling pas untuk mengartikan SERP mungkin seperti ini. SERP adalah Halaman yang menampilkan hasil dari pencarian suatu keyword yang disusun oleh setiap Mesin Pencari. Itu sebabnya banyak yang mengatakan SERPs (jamak) ketimbang SERP (tunggal). Jika diamati memang, penulisan yang paling benar adalah SERPs karena yang namanya Search Engine tidak hanya satu, melainkan ada banyak sekali, dan berikut saya buatkan tabel 7 Mesin Pencari Yang Paling Banyak Digunakan di Dunia (on the spot style) :

Urutan Nama Penggunaan (%)
1 Google 82,80%
2 Yahoo! 6,42%
3 Baidu 4,89%
4 Bing 3,91%
5 Yandex 1,7%
6 Ask 0,52%
7 AOL 0,3%

Udah habis 2000 karakter, derita pengguna handphone.

Baiklah, selanjunya kita lanjutan tentang Bagaimana Cara Cek Posisi Blog di SERP.

Mudah saja sebetulnya, untuk Mengecek Posisi Blog kita di SERP, itu mirip Cek PageRank lah, jadi tinggal masukin keyword klik ok keluar hasilnya.

Sebenarnya ada banyak sekali Website yang menyediakan Tool ini, namun Jika saya boleh menyarankan, Anda bisa menggunakan tool dari serprank.com.

Untuk cara menggunakannya :

  1. Buka serprank.com
  2. Pada Form atau Kolom Website, masukan URL Blog Anda, ingat tanpa http. Contoh : berguruseo.blogspot.com
  3. Pada Kolom selanjutnya, yaitu Kolom Keyword(s) masukan kata kunci yang terkuat yang dimiliki Blog Anda, boleh satu kata atau lebih
  4. Terakhir tinggal Anda klik, dan akan terlihat hasil pencarian dari 3 Mesin Pencari (Google, Yahoo dan Bing)
Jika keluar pesan : “ was not found in the first page for the keyword(s)... ”

Itu menandakan, Blog Anda tidak atau belum mampu masuk ke Page One dari ketiga mesin pencari diatas. Jadi harus ditingkatkan lagi Kadar SEO di dalam Blog Anda.

Kesalahan Fatal Tentang : Cara Cek Posisi Blog di SERPs

Walaupun tidak banyak, saya yakin masih ada yang keliru tentang membaca SERPs. Salah satunya adalah :

Mengecek SERP Blog Dengan Menuju Langsung ke Situs Resmi Mesin Pencari Tersebut

Ini adalah tindakan konyol. Kenapa saya bilang konyol ? ketika Anda melakukan pengecekkan Blog Anda, menggunakan Google.com, dan saat itu pula Anda dalam kondisi login kedalam Blog Anda, ditambah seringnya mengunjungi Blog Anda sendiri, maka hasil dari SERP tersebut tidak akan maksimal malah akan terkesan ngawur. Karena Anda masih menyimpan Cookies dan Cache di dalam Browser Anda. Dan tentunya ini akan berdampak besar pada SERPs.

Berbeda jika Anda menggunakan layanan pihak ketiga (serprank.com) maka hasil dari SERP akan jauh lebih murni, karena tidak “terkontaminasi” oleh Cookies dan Cache.

Itu saja, dan saya rasa kali ini cukup disini, penjelasan singkat mengenai pengertian serp dan cara cek posisi blog di serps.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengertian SERP | Cara Cek Posisi Blog di SERP di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :