Faktor Yang Mempengaruhi SERP

Faktor Yang Mempengaruhi SERP - SERP memang berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung. Jadi, jika SERP Blog Anda mendapatkan hasil yang memuaskan, maka secara langsung ini akan berdambak pada meningkatknya pengunjung yang datang ke Blog Anda tentunya mereka datang melalui jalur Search Engine (google, yahoo, bing, yandex, aol).

Jika penjelasan singkat diatas masih belum membuat Anda puas tentang Apa dan Siapa SERP, maka Anda bisa membaca penjelasan secara lengkapnya di Pengertian SERP.

Berbicara tentang Meningkatkan SERPs pada suatu Blog. Tentunya, beda tahun beda lagi caranya, tak lain dan tak bukan ini dikarenakan Algoritma Google dan Mesin Pencari lain, yang terus berkembang setiap tahunnya. Intinya disini kita hanya mengikuti alur yang sudah dibuat mereka dan tidak ada rahasia-rahasian disini.

Baiklah langsung saja, berikut adalah Faktor Yang Mempengaruhi SERP di 2013 :

  1. Loading Blog

    Ukuran yang masih dianggap wajar, oleh Google adalah 320 KB, dan berikut pernyataan resminya yang saya ambil dari Google Developers :

    • The average web page takes up 320 KB on the wire.
    • Only two-thirds of the compressible material on a page is actually compressed.
    • In 80% of pages, 10 or more resources are loaded from a single host.
    • The most popular sites could eliminate more than 8 HTTP requests per page if they combined all scripts on the same host into one and all stylesheets on the same host into one.

    Jadi jangan khawatir, jika Blog Anda mempunyai ukuran yang berada di kisaran 200 - 320 KB itu masih wajar dan semua isi yang ada di dalam artikel tersebut masih sanggup di index semua, asalkan tidak melebihi 320 KB (menurut Google).

    Walaupun Google menuliskan 320 KB sebagai Average Size namun perlu diingat, disini Google bukan menyarankan agar Anda membuat WebSite ataupun WeBlog, namun jika terpaksa, ya saya rasa tidak ada masalah, toh Google juga masih menganggapnya wajar.

  2. Social Signal

    Untuk dampak Social Signal terhadap SERP, ada yang perlu Anda catat, yaitu tidak semua Jejaring Sosial akan memberikan pengaruh secara langsung (backlink) terhadap SERP, melainkan hanya yang mempunyai Label DoFollow saja yang berpengaruh besar.

    Sebenarnya pengaruh dari memberikan Tombol Like (baca : bukan tombol share) dan Follow masih menjadi kontroversi mengiat kedua JerSos tersebut NoFollow. Yang mana Link tersebut tidak akan bisa di Crawl oleh Google Spider karena memang tidak diijinkan.

    Dan jika Link tersebut tidak bisa di Crawl, maka tidak akan memberi dampak apapun terhadap Blog kita :

    “If for some reason a page is forbidden for us to crawl or we are not able to obtain it somehow than we wouldn’t be able to use that within our rankings” Matt Cutts.

  3. Template

    Mungkin banyak yang menganggap Template ya Template, untuk memperindah Blog dan tidak ada hubungannya dengan Meningkatkan SEO atau SERP.

    Jika benar-benar diteliti, pernyataan diatas tidak selamanya benar.

    Karena jika susunan suatu Template tersebut “maaf” asal-asalan seperti contohnya, tidak merubah Judul Blog menjadi <h2> disaat kita berada di Halaman Post, maka jelas ini akan berdampak pada SERP, karena idealnya Judul Artikel menjadi <h1> disaat kita tidak berada pada Home atau disaat kita membuka Artikel Tersebut.
Dan, sebenarnya masih banyak lagi Faktor Yang Mempengaruhi SERP, namun ke Tiga Faktor diataslah, yang menurut saya paling berpengaruh dalam Mempengaruhi SERP.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Faktor Yang Mempengaruhi SERP di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :