Update Algoritma Terbaru Google Pigeon Untuk Pencarian Lokal

Update Algoritma Terbaru Google Pigeon

Tahun 2014 ini Google sudah banyak sekali melakukan Update Algoritma pada mesin pencari mereka, setelah sebelumnya sempat menghebohkan para Blogger dengan munculnya Algoritma Google Terbaru Panda 4.0 yang efeknya benar-benar dirasakan oleh mayoritas Blogger tanah air, dimana hampir 50% Traffic 'disunat' oleh Google karena alasan 'Unatural Backlink'. Sementara sebagaian lainnya justru merasakan kenaikkan yang sangat derastis karena Blog saingan mereka mengalami penurunan posisi di SERP.

Dan minggu lalu atau tepatnya pada tanggal 24 Juli lalu Google merilisi Algoritma Terbaru mereka yang dinamakan Pigeon. Pigeon sendiri jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah Burung Merpati atau Burung Dara.


Alasan Google Memberi Nama Pigeon


Alasan Dibalik Pemberian Nama Algoritma Pigeon

Karena Update Algoritma Terbaru Google kali ini mengacu pada Pencarian Lokal, atau lebih tepatnya untuk memperbaiki kualitas dari Pencarian Lokal, maka dinamakanlah Algoritma Google Terbaru ini Pigeon. Seperti yang kita semua ketahui Pigeon atau Burung Merpati adalah hewan rumahan, atau bisa dibilang mereka tidak akan pergi jauh kemana-mana, melainkan hanya akan terbang di sekitaran tempat tinggal mereka (lokal).


Dampak Algoritma Google Pigeon


Dampak Algoritma Terbaru Google Pigeon

Banyak yang mengatakan bahwa jumlah pengunjung Blog para Blogger Indonesia sempat mengalami penurunan sejak tanggal 25 Juli. Tentu tanggal tersebut bertepatan dengan dua momen besar :

  1. Update Algoritma Google Pigeon
  2. Masa Mudik Lebaran

Jadi ada dua kemungkinan disini, apakah pengunjung turun karena si Pigeon atau karena banyak orang yang Mudik ? Jawabannya ternyata karena Masa Mudik Lebaran. Karena jika Anda memperhatikan jumlah pengunjung Anda dari hari ke hari, maka pengunjung memang mengalami penurunan pada tanggal 25 - 30 Juli (lebaran), dan mengalami kenaikkan derastis setelah tanggal 30 Juli.

Traffic Blog Naik di Masa Pigeon

Itu menandakan penyebab dari turunnya jumlah pengunjung Blog memang erat kaitannya dengan Lebaran dan bukan karena Google Pigeon.

Lalu pertanyaanya, sebenarnya apa Dampak Algoritma Terbaru Google ini ? saya sendiri tidak terlalu mengetahui berapa persen dampak yang disebabkan oleh adanya Update Terbaru dari Google ini, karena memang dari pihak Google sendiri tidak mengeluarkan pernyataan resmi.

Blog Lokal Unggul di SERP Lokal

Tapi menurut pantauan saya, efeknya memang belum terlalu terasa, mungkin hanya pada beberapa kata kunci saja, seperti misalnya jika Anda mengetikkan kata kunci 'SEO' di Mesin Pencari Lokal (google.co.id) maka perlahan sepertinya Google akan membuat Blog-blog Indonesia yang relevan dengan Kata Kunci tersebut untuk ditempatkan di Halaman 1.

Update Terbaru Google ini saya rasa akan memudahkan para pelaku bisnis lokal. Seolah Google ingin mengatakan kepada blog-blog besar untuk 'jangan serakah di serp !'.


Cara SEO Yang Benar di Era Pigeon


Cara SEO Terbaik di Era Pigeon

Seperti yang kita semua ketahui bahwa update algoritma terbaru google kali ini benar-benar difokuskan untuk meningkatkan blog-blog dengan domain lokal seperti web.id atau co.id agar lebih mudah dalam bersaing di SERP, hal tersebut juga bisa kita lihat dari cara Google meredirect kita ke pencarian Lokal seperti misalnya saat kita menggunakan IP Indonesia, maka akan diredirect ke Google.co.id

Redirect ke Pencarian Google Lokal


Lantas cara atau teknik seo seperti apa yang baik dan benar di Era Pigeon ini ? dari kasus diatas saya rasa jawabannya sudah sangat jelas, yaitu :

  • Gunakan Domain Lokal
  • Cari Backlink Dari Situs Lokal

Dengan menggunakan domain lokal maka Google akan memprioritaskan blog kita di pencarian lokal, dan tidak berlaku untuk pencarian Global (google.com).

Selain itu, Anda juga bisa memfokuskan target pengunjung melalui Google WebMasterTool. Untuk caranya silahkan bisa Anda lihat dibawah ini.

  1. Buka https://www.google.com/webmasters/tools/

    Cara SEO Yang Benar di Era Pigeon langkah 1

    Silahkan Anda pilih mana blog yang ingin Anda targetkan pengunjungnya, dengan cara mengklik Manage Site.

  2. Masuk ke Search Traffic > International Targeting > Country

    Cara SEO Yang Benar di Era Pigeon langkah 2

    Beri ceklist di kotak Target users, lalu pilih negara mana yang ingin Anda targetkan pengunjungnya.

Jika ada teman-teman yang blognya mengalami perubahan peringkat di SERP baik di google.co.id maupun google.com, saya akan sangat berterimakasih jika Anda mau membagikan informasinya melalui kolom komentar yang ada di bawah.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Update Algoritma Terbaru Google Pigeon Untuk Pencarian Lokal di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :