Cara Membuat Game dengan Intel XDK Microsoft Windows

Cara Membuat Game

Intel XDK merupakan sebuah software atau aplikasi gratis dari Microsoft yang bisa Anda gunakan untuk membuat game berbasis HTML5. Sekedar informasi untuk Anda yang belum paham apa itu HTML5. Singkatnya pengertian HTML5 adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web maupun aplikasi berbasis web.

Seperti yang kita semua tahu, nyaris seluruh sistem operasi di dunia ini sudah support yang namanya HTML5, baik itu Android, iOS, Windows Phone, Blackberry bahkan Symbian pun sudah mampu membaca bahasa HTML5. Ini artinya kita cukup mendevelop atau membuat 1 Game saja, dan tinggal menconvertnya ke berbagai ekstensi. Mau ke .apk, .sis atau .jar bisa semua. Istilahnya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Kita kembali ke topik. Sesuai judul diatas, disini saya akan sedikit berbagai informasi mengenai Cara Membuat Game melalui Aplikasi Pembuat Game Gratis, yap, aplikasi tersebut adalah Intel XDK.

Yang Menarik dari Intel XDK ini adalah aplikasi ini Mulit Platform, artinya tidak hanya tersedia untuk Windows, namun juga tersedia untuk Sistem Operasi lain, seperti Apple OS X atau Linux.

Untuk Anda yang penasaran apa saja Fitur dari Intel XDK, berikut adalah informasi mengenai beberapa fitur yang ada di aplikasi ini :

  • App Preview Crosswalk
  • App Designer
  • App Starter

Setelah mengenal dan megetahui fitur-fitur yang ada di Intel XDK, kini saatnya kita masuk ke dalam proses pembuatan Game.

Cara Membuat Game


Sebelumnya pastikan Anda sudah mendowload aplikasi Intel XDK, jika belum silahkan Anda kunjungi  untuk mendownloadnya terlebih dahulu, Ukurannya tidak terlalu besar, yaitu hanya sekitar 100 MB lebih kecil dibanding aplikasi untuk buat game lainnya.

  1. Install dan Buka Intel XDK

    Cara Membuat Game 1
    Cara Membuat Game (Gambar: 1)

    Langkah awal tentunya kita harus menginstall terlebih dahulu Aplikasi tersebut.

  2. Silahkan Buat Objek Baru

    Cara Membuat Game 2
    Cara Membuat Game (Gambar: 2)

    Silahkan Anda buat objek baru dengan cara klik Create a New Object

  3. Pilih Demo Yang Ada di Library

    Cara Membuat Game 3
    Cara Membuat Game (Gambar: 3)

    Akan ada banyak sekali contoh Aplikasi atau Game yang bisa Anda coba, misalnya adlah Aplikasi Standar 'Hello World'. Atau jika Anda ingin game standar, Anda bisa mengunjungi link ini https://software.intel.com/en-us/html5/articles/flood-puzzle-game untuk mendowonload Source Code dari Game Puzzle.

  4. Edit Code HTML5 dengan Bracket

    Cara Membuat Game 4
    Cara Membuat Game (Gambar: 4)

    Disinilah kemampuan Anda dalam menguasai bahasa HTML5 ditantang, jadi jika Anda masih asing dengan yang namanya HTML5 saya sarankan sebelum menggunakan Aplikasi ini, cobalah untuk mempelajarinya terlebih dahulu, ada banyak situs gratis yang mengajarkan dasar dari HTML5.

  5. Simulasikan Aplikasi Yang Anda Buat

    Cara Membuat Game 5
    Cara Membuat Game (Gambar: 5)

    Yang saya suka dengan Aplikasi Intel XDK ini, kita bisa langsung mencoba aplikasi yang kita buat tadi, jadi tidak perlu lagi menginstall Emulator atau semacamnya, karena Intel XDK sudah memberikan fitur Demo App.

Cara Membuat Game Sendiri yang saya jelaskan diatas hanyalah dasarnya saja, artinya disini saya tidak masuk ke dalam proses coding, karena jujur saja saya juga belum begitu menguasai HTML5, JavaScript dan kawan-kawannya. Dengan kata lain, artikel ini hanya menjelaskan cara membuat game dengan memanfaatkan source code dari game yang sudah ada, dan selanjutnya silahkan Anda edit game yang sudah jadi tersebut.

Saya rasa cukup sampai disini dulu, akhir kata saya ucapkan terimakasih banyak telah bersedia membaca artikel saya mengenai Cara Membuat Game dengan Intel XDK Microsoft Windows.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Membuat Game dengan Intel XDK Microsoft Windows di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :