Aplikasi Edit Video Terbaik 2014

Aplikasi Edit Video Terbaik

Jika bicara tentang Software Video Editing atau sering kita sebut sebagai Aplikasi Edit Video, tentu tak lepas dari yang namanya harga, artinya harga dari sebuah produk jelas bisa memberi gambaran seberapa hebat software atau aplikasi tersebut bekerja (dalam hal ini untuk mengedit video), semakin tinggi harganya jelas akan semakin baik. Kita bandingkan saja Corel VideoStudio Pro X5 Ultimate ($100) dengan AnvSoft Any Video Editor Pro ($20), pertanyaanya adalah 'Dari kedua Aplikasi Edit Video tersebut mana yang lebih kaya fitur ?' jika Anda pernah mencoba keduanya jelas akan menjawab Corel VideoStudio Pro.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa harga berbanding lurus dengan kualitas artinya semakin besar harganya semakin baik kualitasnya, begitu pula dengan software video editing, semakin mahal harga softwarenya maka (hampir) bisa dipastikan semakin baik pula kualitas dari software tersebut.

Oke kita kembali ke Topik, agar imbang saya akan memberikan info tentang Aplikasi Edit Video berbayar dan gratis yang menurut saya terbaik di 2014, dan masing-masing kubu akan saya beri contoh 5 Aplikasi. Jadi nanti kurang lebih pembahasan kita akan seperti ini.

  1. 5 Aplikasi Edit Video Gratis
  2. 5 Aplikasi Edit Video Berbayar

Baik, tanpa perlu basa-basi lagi, silahkan Anda simak pemabahasan dari saya mengenai Kumpulan Aplikasi Edit Video Terbaik untuk pengguna Windows 7 maupun Windows 8 dibawah ini.


5 Aplikasi Edit Video Gratis



Windows Movie Maker


Aplikasi Edit Video Windows Movie Maker

Sudah menjadi rahasia umum jika software editing video gratis asli buatan Microsoft ini benar-benar mencuri perhatian khalayak umum, pasalnya meskipun harganya Gratis, namun fitur-fitur di dalamnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Kita ambil contoh saja pada bagian Menu Animations, disitu kita bisa menggunakan banyak sekali effect transisi seperti Diagonal Box Out, Diagonal Cross Out dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk Anda yang tertarik mempelajari aplikasi edit video ini, silahkan Anda baca tutorial saya sebelumnya, sudah saya bahas secara detail bagaimana Cara Mengedit Video dengan Aplikasi Windows Movie Maker.

VideoLAN Movie Creator


Aplikasi Edit Video VideoLAN Movie Creator

Aplikasi Edit Video yang tak kalah tangguh dengan Windows Movie Maker adalah VideoLan Movie Creator. Sesuai namanya, software video editing ini didevelop atau dikembangkan oleh VideoLan. Yang menarik dari software atau aplikasi ini adalah adanya fitur Youtube upload integration jadi fitur ini memungkinkan kita untuk mengupload video secara langsung ke Youtube.

Selain itu, aplikasi ini juga multi platform program, artinya tersedia untuk berbagai sistem operasi, baik itu Linux, OS X maupun Windows. Jadi tidak seperti Windows Movie Maker yang hanya ada untuk pengguna Windows saja.

Pinnacle VideoSpin


Aplikasi Edit Video Pinnacle VideoSpin

VudeiSpin adalah nama dari software editing video dari Pinnacle, dan yang terbaru aplikasi ini sudah mencapai versi 2.0. Di versi yang terbau ini ada banyak penambahan efek transisi, selain itu dalam hal penggunaan juga sangat mudah alias user friendly, kita tidak akan dibuat bingung dengan menu-menu yang begitu banyak, dan itu salah yang membuat saya tertarik untuk terus menggunakannya.

Kekurangan dari aplikasi edit video ini sebenarnya hanya terletak pada ukurannya, yang mencapai 170 MB. Sejauh yang saya tahu, ini adalah ukuran yang paling besar untuk software video editing kelas gratisan.

File Lab Video Editor


Aplikasi Edit Video File Lab Video Editor

Asing dengan aplikasi edit video yang satu ini ? saya sendiri juga baru tahu kemarin, tapi setelah saya coba ternyata software ini sangat mudah menarik, karena disini Anda bisa menumpuk dua Video menjadi satu, dan video tersebut juga bisa kita atur opacitynya, jadi bisa dibuat semi transparan.

Selain itu dengan software editing video ini kita juga bisa melakukan preview video kita langsung melalui Browser, dan aplikasi ini juga mendukung hampir semua format video.

VSDC Free Video Editor


Aplikasi Edit Video VSDC Free Video Editor

Cukup susah memang menyebut nama atau lebih tepatnya singkatan dari software video editing ini. VSDC atau kependekkan dari VideoSoftDev, sebuah pengembang software video editor yang saya rasa Anda patut dicoba. Karena tadi saya sudah masuk ke web resminya, dan tampilannya sungguh profesional, semua fitur dijelaskan disana, dan salah satunya adalah adanya fitur Non-linear video editor, jadi video ini tidak seperti software editing video lainnya, yang notabenya hanya bisa digunakan untuk mengedit satu jalur, artinya kita tidak bisa bebas meleakkan scene ini disini, dan scene itu disana, intinya ini fitur keren, silahkan Anda coba sendiri untuk lebih jelasnya.


5 Aplikasi Edit Video Berbayar



Adobe Premiere Pro


Aplikasi Edit Video Adobe Premiere Pro

Adobe (baca: edobi) adalah perusahaan perangkat lunak yang bergerak di bidang grafis, video dan pengembangan web. Dan yang menarik adalah nyaris seluruh aplikasi yang dikembangakan oleh Adobe selalu populer atau istilahnya booming dan banyak yang menggunakannya, salah satunya adalah Adobe Premiere Pro.

Tak heran jika Software yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar $19.99 per bulan, kalau ingin menggunakannya selama satu tahun tinggal Anda kalikan saja, jadi sistemnya adalah berlangganan bukan sekali beli seperti software-software editing video lainnya. Meski harga selaingit namun kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Sony Vegas Pro


Aplikasi Edit Video Sony Vegas Pro

Saingan terberat dari Premiere Pro saya rasa adalah Sony Vegas Pro, bukan karena namanya hampir sama (sama-sama pro) tapi memamg karena fiturnya nyaris sama (sama-sama buat edit video) bukan seperti itu, maksud saya adalah dari segi effect hampir sama. Karena memang tujuan dari kedua aplikasi edit video ini sama, yaitu editing video proffesional untuk keperlua movie.

Yang saya tahu software ini sudah mencapai versi 13. Dan untuk harganya pasti Anda akan terkejut, karena software editing video kelas kakap ini dijual perdana seharga US $599.95 atau jika dirupiahkan setara dengan Rp. 7.010.415 Anda tidak salah baca harga software ini dalam rupiah adalah sebesar 7 Juta.

Magix Movie Edit Pro


Aplikasi Edit Video Magix Movie Edit Pro

Aplikasi edit video yang bisa dibilang paling banyak memiliki template, tertulis di website resminya ada lebih dari 1500 Efek Template yang bisa Anda gunakan. Ada juga fitur High Dynamic Range effects (HDR) ditur yang sangat digemari oleh para fotografer. Di aplikasi ini kita juga bisa Export langsung ke DVD, Blu-ray Disc.

Untuk harga, Anda bisa lebih tenang kali ini, karena Magix memberi harga sebesar $69.99 untuk program MAGIX Movie Edit Pro 2014 dan $129.99 untuk MAGIX Movie Edit Pro 2014 Premium.

CyberLink PowerDirector 12 Ultra


Aplikasi Edit Video CyberLink PowerDirector 12 Ultra

Software editing video yang sangat cocok untuk Anda yang menyukai effect namun malas untuk membuatnya sendiri, karena CyberLink sudah menyediakan situs khusus yang dinamakan directorzone. Jadi disitus tersebut Anda bisa bebas untuk mendownload berbagai efek dan tutorial yang disediakan oleh CyberLink dan para peggunanya.

Jadi itu menjadi sebuah wadah bagi para pengguna software ini untuk berbagi efek-efek video ciptaan mereka sendiri. Dulu saya sempat menggunakan software ini, dan bisa dibilang saya sangat puas, karena kebetulan saya adalah pecinta efek trnsisi, dan CyberLink menjawab kebutuhan saya tersebut.

Harga software PowerDirectoer adalah $59.99 cukup bersahabat bukan ?

Camtasia Studio


Aplikasi Edit Video Camtasia Studio

Sebuah software editing video terbaik dari TechSmith. Alasan kenapa saya menyebut aplikasi edit video ini sebagai yang 'terbaik' sederhana saja, terbak versi saya, karena memang hampir setiap hari saya gunakan untuk membuat video tutorial. Karena jika membeli software ini kita akan mendapatkan dua Software sekaligus yang Catasia Studia dan Camtasia Screen Recorder, jadi alur yang saya gunakan seperti ini.

Camtasia Scren Recorder > Camtasia Studio

Pertama tentunya saya merekam atau membuat video tutorial menggunankan Screen Recorder selanjutnya setelah proses perekaman selesai, saya langsung mengeditnya di Camtasia Studio. Effect yang ada memang perlu diakui tidak sebanyak kompetitornya, namun ada efek yang sangat saya suka dan seperti tidak ada di software editing video lain, fitur yang saya maksud adalah pemberian effect tanda panah secara otomatis, jadi tinggal klik masukkan sudah jadi. Jujur saya selalu kwalahan saat ingin membuat efek panah di aplikasi edit video lain.

Harga satu paket Camtasia Studio adalah $299.00

Kelima Aplikasi Edit Video Premium yang saya sebutkan diatas memang mempunyai harga yang bisa dibilang mahal, namun semua itu akan terbayar dengan kualitas yang akan Anda dapat, begitu pula sebaliknya dengan Aplikasi Edit Video yang Free (gratis) Anda juga harus puas dengan fitur-fitur yang tidak secanggih atau selengkap yang Premium.

Aplikasi Edit Video yang sebutkan diatas berjumlah sepuluh buah, artinya Anda tidak perlu mendownload atau membeli semuanya, cukup pilih saja mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sengaja disini saya tidak memberi link download, karena memang semua aplikasi diatas bisa Anda dapatkan melalui situs resminya, jadi tinggal ketikkan nama softwarenya dan tinggal Anda klik website resminya. Dan satu lagi seluruh aplikasi edit video terbaik diatas bisa digunakan untuk pengguna Laptop maupun PC yang menggunakan Windows 7 dan Windows 8.

Aplikasi Edit Video Terbaik 2014 diatas murni atas pemikiran dan pengalaman saya sendiri, jadi jika ada perbedaan pendapat atau Anda tidak setuju dengan list diatas, itu hal yang biasa dan wajar. Itu saja dari, akhir kata saya ucapkan terimakasih banyak sudah menyempatkan waktunya utnuk membaca artikel ini.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Aplikasi Edit Video Terbaik 2014 di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :