Kumpulan Software Komputer Gratis Terbaik Beserta Fungsinya

Kumpulan Software Komputer Gratis Terbaik

Jika kita bicara tentang Software Komputer tentu akan ada banyak sekali jenis dan macamnya, diantaranya ada Browser, Antivirus, Utility, Audio dan Video Editing. Dan di setiap jenis tersebut, terdapat ribuan Software Komputer. Dan disinilah saya akan membahasnya satu per satu dari setiap jenis.

Tenang saja semua Software Komputer yang akan saya informasikan nanti semuanya bersifat Freeware atau Gratis, jadi Anda tinggal download, install dan jalankan. Tidak banyak Software Komputer yang akan saya bagikan di artikel, karena hanya berjumlah 5 Software Komputer. Namun meskipun hanya berjumlah lima, saya yakin semuanya terbaik dan pastinya bermanfaat untuk Anda.

Untuk memudahkan Anda, sekaligus agar artikel ini terlihat sedikit rapi, maka saya akan membuatkan sebuah list atau daftar, yang terdiri dari :

  1. Browser
  2. Antivirus
  3. Utility
  4. Audio Editing
  5. Video Editing

Mungkin langsung saja kita bahas Software Komputer yang pertama yaitu dari keluarga Browser, lalu dilanjut ke Antivirus, Utility, Audio Editing dan yang terakhir adalah Video Editing dan tak lupa saya sertakan pula fungsi dan manfaatnya.

Software Browser Gratis dan Terbaik Untuk Komputer


Software Browser Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - ChromeSoftware Browser Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - FirefoxSoftware Browser Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - Opera

Bicara mengenai Aplikasi Web Browser Tercepat dan Terbaik untuk Komputer, tentu tidak akan lepas dari tiga Browser andalan manusia di dunia, yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome dan Opera. Ya ketiga software komputer berjenis browser itulah yang paling sering digunakan, karena ketiganya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

  • Firefox : Didukung banyak pluggin, namun sangat lambat saat dijalankan.
  • Chrome : Sangat cepat untuk browsing, namun sangat lemah ketika digunakan untuk download.
  • Opera : Sudah mendukung resume saat download, namun sedikit lebih lambat saat menggunakannya untuk browsing.

Saya sendiri memiliki ketiga browser tersebut, dan saya gunakan sesuai kebutuhan, misal ingin mendownload, maka saya akan menggunakan Opera, sementara jika saya ingin melakukan editing Web maka saya gunakan Firefox karena tersedia plugin Firebug, dan jika ingin sekedar membaca berita, saya selalu menggunakan Chrome.

Software Antivirus Gratis dan Terbaik Untuk Komputer


Software Antivirus Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - AvastSoftware Antivirus Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - EsetSoftware Antivirus Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - Norton

Ada banyak sekali Software Antivirus Gratis Terbaik yang pernah saya coba dulu, sekedar ingin mengetest mana yang terbaik dalam mendeteksi serangan virus, singkat ceritanya akhirnya saya memutuskan untuk menetapkan 3 Antivirus yang menurut saya terbik untuk memproteksi komputer dari ancaman virus, dan ketiga software Antivirus yang saya maksud adalah :

  • Eset
  • Norton
  • Avast

Alasan saya menetapkan Eset sebagai Antivirus Terbaik lantaran antivirus tersebut selain memiliki daya proteksi yang tinggi -terbukti beberapa file yang terindikasi virus di flashdisk teman saya, dibabat habis tanpa ampun- Eset juga memiliki ukuran yang cukup kecil, sehingga membuat Antivirus Eset menjadi yang terbaik, menurut saya, disusul Norton dan Avast.

Software Utility Gratis dan Terbaik Untuk Komputer


Software Utility Gratis dan Terbaik Untuk Komputer Revo 1Software Utility Gratis dan Terbaik Untuk Komputer Revo 2Software Utility Gratis dan Terbaik Untuk Komputer Revo 2

Apa yang dimaksud Utility ? secars singkkat, Software Utility adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk membantu sistem di komputer agar bisa bekerja secara maksimal. Software Utility yang paling terkenal saat ini adalah Tune Up, namun saya sendiri tidak menggunakan aplikasi tersebut, karena lebih nyaman menggunakan CCLeaner, karena lebih mudah dan cepat saat dioperasikan.

Selain kedua Software Utility tersebut, masih ada satu lagi software yang dijamin bisa mempercepat komputer Anda 2x kali lipat, dan software yang saya maksud adalah Revo Uninstaller.

Aplikasi ini memiliki banyak sekali fungsi, disamping fungsi utamanya sebagai Unsitaller, dan diantaranya ada :

  • Windows Clener
  • Browser Cleaner
  • Microsoft Office Cleaner
  • Junk Files Cleaner

Namun yang paling saya suka dari Software Utility ini adalah fitur Autorun Manager. Sedikit penjelasan, di fitur ini kita bisa leluasa mematikan atau lebih tepatnya mengatur sebuah program, apakah diijinakan untuk dijalankan saat startup atau tidak. Seperti yang saya katakan diatas, bahwa software utility ini mampu membuat komputer menjadi 2x lebih cepat saat booting, itu benar, jika kita tau dan mau mematikan semua proses dari program yang sebenarnya tidak perlu dijalankan saat startup seperti YM! dan lain-lain.

Software Audio Editing Gratis dan Terbaik Untuk Komputer


Software Audio Editing Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - WavePad 1Software Audio Editing Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - WavePad 2Software Audio Editing Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - WavePad 3

Ada dua software audio editing windows yang pernah saya coba, yaitu MAGGIX Music Maker (berbayar) dan WavePad (gratis), namun karena judul dari artikel ini adalah Kumpulan Software Komputer Gratis maka saya hanya akan membahas atau lebih tepatnya mereview WavePad saja.

WavePad adalah software audio editing yang dikembangkan oleh NCH salah satu developers softwara terkenal di dunia. Jika ditanya fitur, maka butuh dua artikel untuk menjelaskan semua fiturnya, maka saya tulis saja fitur terbaik dari software ini, yaitu :

  • VST Pluggin : Sebuah plugin yang akan memudahkan Anda untuk memberikan efek pada lagu atau musik.
  • Auto Trim : Fitur ini cukup unik, karena mampu memotong atau istilah teknisnya cut musik secara otomatis dan membaginya menjadi beberapa file audio.
  • Audio Restoration : Untuk mengurangi suara gaduh yang tidak sengaja terekam.

Dan masih banyak lagi fitur lainnya, silahkan Anda coba dan eksplorasi sendiri ya. Untuk masalah ukuran Anda tidak perlu khawatir karena Software WavePad Audio Editor memiliki size yang kecil sekitar 1MB saja, jadi selain ukurang yang kecil software ini juga ringan saat digunakan.

Software Video Editing Gratis dan Terbaik Untuk Komputer


Software Video Editing Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - VideoPad 1Software Video Editing Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - VideoPad 2Software Video Editing Gratis dan Terbaik Untuk Komputer - VideoPad 3

Jika di kategori audio ada software komputer gratis dan terbaik yang bernama WavePad, maka di sektor video ada Aplikasi Edit Video Terbaik 2014 yang bernama VideoPad. Saya kurang tahu persis apakah kedua software tersebut memiliki hubungan darah atau tidak tapi sepertinya menurut prediksi saya adalah iya, karena developers atau pembuat dari masing-masing aplikasi tersebut sama, selain nama yang hampir mirip, kedua software tersebut juga memiliki kesamanaan lain, yaitu sama-sama Gratis.

Videopad memiliki tiga fitur unggulan, yaitu :

  • Slow Down Speed : Berguna untuk Anda yang ingin membuat effect slow motion
  • Fine Tune : Memperbaiki kualitas video, dari segi warna dan pencahayaan
  • Reduce Camera Shake : Fitur ini akan memperbaiki gambar yang rusak akibat goncangan

Tampilan atau User Interface VideoPad juga sangat mudah dimengerti atau istilahnya sangat Users Friendly, jadi untuk Anda yang baru pertama menggunakan Software Video Edior ini pasti akan mudah dan cepat beradaptasi.

Kumpulan Software Komputer Gratis Terbaik sudah saya sebutkan semua, dan tak lupa saya jelaskan Beserta Fungsinya. Ini artinya tugas saya sudah selesai, semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Kumpulan Software Komputer Gratis Terbaik Beserta Fungsinya di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :