Cara Membuat Jaringan WiFi Sederhana di Laptop Sendiri

Cara Membuat Jaringan WiFi

Menjadikan Laptop sebagai WiFi atau lebih tepatnya Hotspot itu bukanlah hal yang mustahil, selama di Laptop Anda Sendiri terpasang Modem dan juga jaringan Internet, maka saat itu juga bahan untuk membuat Jaringan WiFi sederhana dengan Laptop sudah terpenuhi, tinggal selanjutnya kita cari tahu bagaimana Cara Membuat Jaringan WiFi di Laptop tersebut bekerja.

Jujur saja, Cara Membuat Jaringan WiFi di Laptop Windows 7 dan 8 memang tak semudah membuatnya di smartphone Android, karena seperti yang kita semua ketahui dalam Smartphone yang menggunakan OS Android 4.0 sudah terinstall settingan untuk melakukan teathering, jadi kita tinggal aktifkan, dan Smartphone pun seketika itu juga sudah menjadi Hotspot yang memancarkan Jaringan WiFi, yang biasanya mampu sampai 5 Perangkat.


Cara Membuat Jaringan WiFi di Laptop


Nah, untuk di Laptop dengan sistem operasi Windows 7 maupun Windows 8 beda lagi, tidak semudah membuat WiFi di Samrtphone, karena total ada lebih dari 10 Tahap yang harus kita lakukan untuk bisa Membuat Jaringan WiFi Sederhana di Laptop Sendiri. Tak perlu berlama-lama, langsung saja Anda simak caranya yang sudah saya tulis dibawah ini.

  1. Koneksikan modem Anda dengan Internet, sampai Aktif

    Cara Membuat Jaringan WiFi di Laptop gambar 1

    Pastikan di Modem Anda masih ada kuota Internet, karena nantinya kuota dari Modem lah yang akan dijadikan sebagai Hotspot.

  2. Masuk ke Control Panel, lalu klik Network and Internet

    Cara Membuat Jaringan WiFi di Laptop gambar 2

    Control Panel ( CP ) diatas memakai tampilan Category, jadi jika tampilan CP Anda tidak sama dengan yang diatas, silahkan ubah dulu ke tampilan tersebut.

  3. Pada kotak pencarian ketikkan ADHOC

    Cara Membuat Jaringan WiFi di Laptop gambar 3

    Setelah pencarian selesai silahkan Anda klik Set Up an ad hoc (computer to computer) network, jika muncul pop up Ad Hoc klik saja Next.

  4. Selanjutnya pilih Security Type yang WPA2-Personal jika hotspot yang ingin diciptakan memiliki password. Jika tidak menggunakan password pilih saja yng No authentication(open), saya sendiri menyarankan untuk tidak dipassword, karena jika pilih WPA2-Personal terkadang akan susah konek, meskipun password yang Anda masukkan benar.

  5. Setelah memilih Security Type dan mengisikan password (untuk yang menggunakan WPA2-Personal) maka langkah selanjutnya tinggal Anda klik Next, Next dan Next sampai nanti muncul perintah Turn On Internet Connection Sharing, klik saja tombol tersebut.

Dari sini sebenarnya kita sudah berhasil membuat Jaringan WiFi di Laptop kita sendiri. Namun jika masih ada yang error, silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk membuka akses penuh ke semua pengguna yang menggunakan Jaringan WiFi di Laptop Anda.


Cara Mengatasi Jaringan WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop


Mengaktifkan atau membuka akses kepada publik sebenarnya tidak terlalu berbahaya, karena ini hanya akan membuat Laptop atau Komputer kita bisa terlihat atau terdeteksi oleh Laptop teman kita. Cara mengaktifkannya pun cukup mudah, hanya butuh dua langkah.

  1. Silahkan Anda buka Network and Sharing Center

    Cara Mengatasi Jaringan WiFi di Laptop gambar 1

    Letak menu ini ada di dalam Network and Internet (lihat ss diatas) atau kalau mau lebih mudah tinggal Anda klik kanan pada icon Internet Acces yang ada di systray.

  2. Pilih atau klik Change Advanced Sharing Settings

    Cara Mengatasi Jaringan WiFi di Laptop gambar 2

    Letak settingan tersebut ada di bagian sebelah kiri layar Anda.

  3. Klik turn on pada Network Discovery

    Cara Mengatasi Jaringan WiFi di Laptop gambar 3

    Tujuan dari mengaktifkn Network Discovery adalah seperti yang saya jelaskan diatas, yaitu agar Laptop kita dapat diakses oleh Public atau Umum.

Namun jika masih tidak terdeteksi mungkin ada yang salah pada Laptop teman Anda, bisa jadi dia belum mengaktifkan WiFi, mungkin cara ini bisa membantu teman Anda tersebut, silahkan baca artikelnya disini Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop Windows.

Lengkap sudah tutorial mengenai Cara Membuat Jaringan WiFi di Laptop kali ini, tidak terlalu susah bukan ? total jika Anda gerak cepat maka Cara Membuat Jaringan WiFi diatas bisa Anda lakukan kurang dari 7 Menit, dan Laptop pun sudah berhasil berubah menjadi Hotspot portable yang bisa Anda pindah-pindah.

Itu saja dari saya, semoga artikel cupu mengenai Cara Membuat Jaringan WiFi Sederhana di Laptop Sendiri yang saya jelaskan bisa memberikan manfaat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Membuat Jaringan WiFi Sederhana di Laptop Sendiri di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :