Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Android

Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Android

Setelah sebelumnya kita membahas dan mengupas tuntas tentang 10 Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Windows, maka sekarang saatnya kita membahas Antivirus Terbaik Android.

Data tentang Antivirus Terbaik untuk Android ini sama seperti artikel saya sebelumnya saat membahas Antivirus Terbaik untuk Windows, yaitu dari TopTenReviews dan ada juga yang saya tulis berdasarkan pengalaman saat menggunakan Smartphone dengan OS Android jaman dulu (karena sekarang saya sudah tidak pegang android).


10 Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Android



Bukan hanya Windows saja yang butuh perlindungan Antivirus, Android pun juga butuh yang namanya Antivirus, tak lain dan tak bukan untuk menjaga keamanan data-data kita. Karena tercatat lebih dari jutaan Smartphone dengan OS Android beberapa waktu lalu terjangkit HeartBleed, sebuah bug yang ada di OpenSSL.

Mungkin langsung saja, berikut adalah 10 Antivirus yang akan saya rekomendasikan untuk Anda para pengguna Android.


McAfee Mobile Security


McAfee Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
McAfee Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 1

McAfee adalah antivirus yang cukup ringan untuk Android, karena antivirus yang satu ini memang didesain untuk Smartphone Android yang memiliki RAM terbatas.

Fitur Real Time Protection yang ada di Antivirus McAfee juga merupakan salah satu fitur yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengguna Android untuk berbondong-bondong mencoba Aplikasi Antivirus dari McAfee.

Kelebihan :
  • Fitur Real Time Protection
  • Antivirus yang ringan
Kelemahan :
  • Deteksi virus yang tidak terlalu bagus


Kaspersky Mobile Internet Security


Kaspersky Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
Kaspersky Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 2

Sesuai namanya, antivirus yang dibuat oleh Kaspersky ini akan fokus pada penanganan virus dari Internet. Jadi untuk Anda yang sangat gemar menjelajah internet maka Kaspersky Mobile Internet Security ini sangat cocok terpasang di Android Anda.

Kemampuan deteksi virus yang kuat mengharuskan antivirus dari Kaspersky ini menjadi momok tersendiri untuk pengguna Smartphone Android Low End dengan kapasitas RAM terbatas, pasalnya Kaspersky Mobile Internet Security ini akan cukup menguras penggunaan RAM dan Processor.

Kelebihan :
  • Fiturr Anti Phising
  • Deteksi virus yang sangat bagus
Kelemahan :
  • Penggunaan RAM dan Processor yang terlalu besar


ESET Mobile Security


ESET Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
ESET Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 3

Selain handal di perlindungan Windows, Antivirus versi Mobile dari Eset juga sangat bagus digunakan untuk para pengguna Android. Baik pengguna Smartphone Low-end maupun High-end.

Namun tidak adanya Parental Control membuat saya meletakkan antivirus dari Eset ini di urutan ketiga, meskipun ESET Mobile Security ini memiliki proteksi terhadap virus yang cukup baik.

Kelebihan :
  • Deteksi virus yang hampir setara Kaspersky
  • Sedikit 'memakan' RAM dan Processor
Kelemahan :
  • Tidak ada fitur Parental Control


Bitdefender Mobile Security


Bitdefender Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
Bitdefender Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 4

Hampir sama seperti Kaspersky. Antivirus dari Bitdefender dinilai para pengamat juga sangat ampuh melawan Virus dari internet (online) maupun file-file yang sudah terinfeksi (offline).

Namun sayangnya, penggunaan RAM yang besar membuat saya untuk meletakkan Antivirus yang dibuat oleh Bitdefender ini di urutan keempat. Karena memang tidak terlalu cocok untuk Anda yang memiliki spec Android dengan RAM yang kecil.

Kelebihan :
  • Deteksi virus yang sangat bagus
Kelemahan :
  • Tidak adanya fitur Live Chat


F-Secure Mobile Security


F-Secure Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
F-Secure Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 5

Aplikasi antivirus dari F-Secure juga patut Anda coba, karena Anitvirus ini mendapatkan skor 97% pada kemampuan deteksi virus. Artinya nyaris seluruh virus di Android bisa dideteksi oleh F-Secure Mobile Security

Ketidakadaan fitur backup membuat aplikasi antivirus dari F-Secure saya letkkan di urutan ke 5.

Kelebihan :
  • Skor 97% untuk deteksi virus
Kelemahan :
  • Ketidakadaan fitu Backup Utility


Trend Micro Mobile Security


Trend Micro Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
Trend Micro Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 6

Trend Micro bukan nama yang baru di dunia per-android-an. Jadi Antivirus dari Trend Micro ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Walaupun mendapatkan skord Deteksi virus dibawah F-Secure yaitu 96% namun hal tersebut tak membuat Antivirus ini dipandang sebelah mata.

Kemampuan Anti Spyware yang sangat bagus membuat Apliksi Antivirus dari Trend Micro mendapat hati para pengguna Android.

Kelebihan :
  • Fitur Spyware yang bagus
Kelemahan :
  • Deteksi virus yang tidak terlalu bagus


Lookout Premium


Lookout Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
Lookout Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 7

Lockout memang bukan antivirus sembarangan, hal ini karena aplikasi antivirus ini selain fokus membasmi virus, juga fokus pada Track Lost Phone, artinya saat smartphone kita hilang atau ketinggalan di suatu tempat, Anda bisa menguncinya melalui situs resmi mereka.

Fitur tersebut bisa dibilang sangat membantu untuk Anda yang sering teledor dan pelupa untuk berjaga-jaga mengamankan Android Anda dari ulah orang tidak bertanggung jawab.

Kelebihan :
  • Fitur Track Lost Phone
Kelemahan :
  • Proteksi virus yang tidak sebaik rivalnya


BullGuard Mobile Security


BullGuard Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
BullGuard Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 8

Antivirus yang dilambangkan dengan Banteng putih ini juga cocok untuk Anda coba. Alasan utama kenapa Anda harus mencoba Antivirus dari BullGuard adalah karena adanya sangat mudahnya pengoperasiannya (user friendly).

BullGuard juga memiliki Help & Support 24 Jam, jadi Anda bisa berkonsultasi masalah 'cinta' eh virus maksudnya.

Kelebihan :
  • Tampilan yang sangat User Friendly
Kelemahan :
  • Fitur Anti Phising yang tidak cukup baik


Webroot Secure Anywhere


Webroot Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
Webroot Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 9

Perlindungan Antispyware dan Antiphising dari Webroot bisa dibilang yang paling baik dari yang terbaik. Namun Antivirus ini dinilai lemah dalam hal perlindungan data Offline.

Pemakaian RAM dan Processor yang besar semakin mantap untuk saya menempatkan aplikasi antivirus ini di posisi ke 9.

Kelebihan :
  • Antispyware dan Antiphising yang terbaik
Kelemahan :
  • Proteksi dan Deteksi virus yang lemah


NetQin Mobile Security


NetQin Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik
NetQin Antivirus untuk Android Gratis & Terbaik no. 10

Antivirus dari NetQin fokus pada perlindungan Internet, hampir sama dengan Kaspersky. Namun tentu saja berbeda dalam hal kemampuan melindungi Android dari virus.

NetQin sendiri hanya mendapat rating 7.75 jadi bisa dibilang Aplikasi atau Antivirus yang satu ini tidak terlalu hebat dalam menangani virus.

Kelebihan :
  • Belum ditemukan
Kekurangan :
  • Rating yang paling rendah


10 Antivirus Gratis dan Terbaik untuk Android yang saya sebutkan diatas semoga bisa Anda jadikan patokan ketika akan memilih Antivirus yang akan Anda gunakan atau pasang di Smartphone Android kesayangan Anda.

Mungkin yang harus digaris bawahi adalah Antivirus Terbaik untuk Android sejatinya adalah Anda sendiri, ya Anda lah antivirusnya, dimana Anda bisa memilah mana yang sebaiknya diinstall dan mana yang tidak.

Akhir kata saya ucapkan terimakasih banyak telah bersedia membaca ulasan saya mengenai Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Android.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Antivirus Gratis Terbaik di 2014 untuk Android di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :