Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot, Lambat dan Lelet



Cara Mengatasi Laptop Lemot bukanlah pekerjaan yang mudah, dimana kita benar-benar harus jeli dalam mendiagnosa penyebab dari kenapa laptop lemot. Karena penyebab utama laptop menjadi lemot atau lambat tidaklah sama setiap Laptop dan tentunya penyebabnya pun juga beragam, dari mulai Hardisk penuh sampai Virus yang telah menyebar.

Untuk itu disini kita akan membagi artikel ini menjadi 3 Tahap.

  • Tahap 1 : Kenapa Laptop Lemot ?
  • Tahap 2 : Cara Mengatasi Laptop Lemot
  • Tahap 3 : Cara Mengoptimalkan Kinerja Laptop

Oke, langsung saja kita bahas masalah pertama tentang apa Penyebab Laptop sehingga menjadi Lemot, Lambat atau Lelet.


Penyebab Laptop Lemot


Jujur saja, jika kita bicara hal yang bisa membuat sebuah laptop menjadi lemot, tentu ada banyak sekali penyebabnya.

Nah, disini saya akan mencoba membahasanya satu persatu.

  1. Overheat

    Overheat atau Laptop kepanasan merupakan penyebab Laptop menjadi Lemot. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang saat lptop kita dalam keadaan kepanasan (panas yang melebihi suhu normal) maka kinerja dari Hardware juga akan semakin menurun, penurunan kinerja Hardware inilah yang menyebabkan Laptop kita menjadi Lemot.

  2. Virus

    Virus yang terlalu banyak dan telah menyebar keseluruh file, juga akan membuat Laptop Anda menjadi Lemot, bahkan sangat Lemot. Namun tidak semua virus menyebabkan Lemot, hanya virus-virus tertentu saja yang akan menyebabkan Laptop jadi Lemot. Contohnya adalah Virus Shorcut yang akan membuat kinerja Laptop menjadi lemot, serta ada juga Virus Ramnit yang akan membuat aktifitas Browsing Anda tidak nyaman karena Lemot.

  3. Junk File

    Tumpukan file yang ada di Recyle Bin juga merupakan salah satu penyebab, kenapa Laptop Anda menjadi Lemot. Karena memang File yang terhapus (misal dari Disk D) akan ditampun di Recyle Bin, dimana Recyle Bin memakai penyimpanan dari Disk C, yang notabenya Disk C adalah tempat menyimpan seluruh file OS.

Ketiga hal tersebut lah, yang laing sering menjadi penyebab Kenapa Laptop Lemot, tak bisa dipungkiri memang masih ada banyak lagi penyebab lain yang menyebabkan laptop menjadi Lemot, seperti Terlalu banyak Debu di dalam Laptop yang membuat Ventilasi Udara Laptop tidak bisa membuang udara panas keluar.

Baca Juga
Cara Merawat dan Membersihkan Laptop Cara Merawat dan Membersihkan Laptop

Menggunakan Kain Microfiber adalah cara terbaik untuk merawat dan membersihkan Laptop, selain itu masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin Laptop Anda tetap Awet, penasaran ? silahkan, baca tips lainnya dengan cara klik link diatas

Tapi saya rasa ketiga hal tersebut lah yang bisa dikatakan sebagai penyebab utama sebuah Laptop menjadi lemot.


Cara Mengatasi Laptop Lemot


Setelah kita mengetahui penyebab dari kenapa laptop kita menjadi lemot, sekarang saatnya kita cari solusinya. Dan berikut adalah tips mengatasi laptop lemot.

  1. Gunakan Cooling Pad

    Penggunaan Laptop yang terlalu lama atau berjam-jam akan membuat Laptop menjadi Panas dan tentunya akan berakibat pada penurunan performa Hardware. Untuk itu sebisa mungkin gunakan Cooling Pad saat kita menggunakan Laptop dalam jangka waktu yang lama. Selain itu hindari juga menempatkan Laptop pada Bidang yang tidak datar, seperti kasur atau bantal.

  2. Pasang Antivirus

    Menggunakan Antivirus adalah cara terbaik mencegah laptop Anda menjadi lemot karena serangan Virus. Sudah banyak diluar sana tersebar produk Antivirus yang gratis namun tetap powerfull untuk menangkal Virus masuk ke dalam Laptop kita. Tidak perlu memasang Antivirus terlalu banyak, hal tersebut justru akan membuat Laptop kita menjadi Lemot karena Ram dan Processor terkuras oleh program Antivirus yang kita install.

  3. Bersihkan Registry dan File Sampah

    Sering-sering membersihkan Registry pada Laptop Anda, usahakan 1 minggu atau 1 bulan sekali. Hal tersebut untuk mencegah penumpukan Registry yang bisa membuat Laptop Lemot. File sampah atau File yang ada di Recyle Bin juga usahakan untuk menghapusnya secara rutin dan jangan suka menumpuk file di dalam Recyle Bin.

3 Cara Mengatasi Laptop Lemot yang saya sebutkan diatas jika betul-betul dilakukan, maka bisa dipastikan Anda akan terbebas dari yang namanya Laptop Lemot seumur hidup Anda.


Cara Mengoptimalkan Kinerja Laptop


Setelah kita selesai berhasil mengatasi Laptop Lemot, sekarang saatnya kita meningkatkan atau mengoptimalkan kinerja Laptop kita agar tidak lemot lagi.

Oke, kita mulai dari cara mengoptimalkan kinerja laptop yang pertama.

  1. Matikan Services Yang Tidak Perlu

    Cara Mengoptimalkan Kinerja Laptop dengan Mematikan Services
    Cara Mengoptimalkan Kinerja Laptop (Gbr. 1)

    Mematikkan program yang seenaknya membuat services dan biasanya juga berjalan di Start Up tentu akan membuat kinerja Laptop terbebani, untuk itulah kita akan mengoptimalkannya dengan cara mematikkan services yang tidak terlalu penting, seperti vToolbar Updat, uDisk Monitor, dan lain-lain.

    Ingat, jangan ceroboh dalam mematikan services, silahkan Anda pahami terlebih dahulu deskripsinya, jika memang tidak penting silahkan Anda disabled.

  2. Unchek Visual Effect Yang Tidak Penting

    Cara Mengoptimalkan Kinerja Laptop dengan Uncheck Visual Effect
    Cara Mengoptimalkan Kinerja Laptop (Gbr. 2)

    Masuk ke Advanced Setting - Advanced - Performance - Setting, selannjutnya uncheck saja effect yang tidak terlalu penting (lihat screenshot saya diatas) Anda bisa menyetting seperti saya, settingan tersebut sangat cocok untuk Laptop low-end seperti milik saya ini untuk meminimalkan efek yang bisa memberatkan kerja Laptop.

  3. Matikan Background Process Yang Tidak Terpakai

    Cara Mengoptimalkan Kinerja Laptop dengan Mematikan Background Process
    Cara Mengoptimalkan Kinerja Laptop (Gbr. 3)

    Informasi untuk Anda, zaman sekarang ini banyak sekali Program yang jika di close bukannya mati malah ter-minimize. Jadi sebenarnya program atau aplikasi tersebut masih berjalan, namun tidak di Apss melainkan berjalan di Background. Hal tersebut jika dibiarkan dan jumlahnya terlalu banyak, tentu saja akan mengakibatkan Laptop kita menjadi Lemot, Lelet bin Lambat.


Semua informsi dari mulai Penyebab Laptop Lemot, Cara Mengatasi Laptop Lemot sampai Mengoptimalkan Kinerja Laptop sudah saya bagikan ke Anda, semoga dengan adanya informasi Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot, Lambat dan Lelet ini, Anda semua bisa tidak lagi dibuat kesal karena Laptop Lemot. Sekian dan terimakasih.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot, Lambat dan Lelet di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :