2 Cara Tes Kecepatan Akses Internet Secara Akurat

Cara Tes Kecepatan Akses Internet Secara Akurat

Mengecek berapa keecepatan internet kita adalah salah satu hal yang cukup penting, hal tersebut bertujuan unutk mengukur berapa lama dan pantas atau tidak kah kita jika ingin mengoleksi film yang notabenya memiliki ukuran diatas 500MB.

Untungnya, sudah ada banyak sekali situs yang bisa Anda gunakan untuk melakukan tes kecepatan akses internet yang Anda miliki, dan kabar baiknya nyaris dari semua situs tersebut memberikan data yang akurat.

Baca Juga
daftar lengkap paket internet unlimited termurah dan tercepat Daftar Lengkap Paket Internet Unlimited Termurah dan Tercepat

Kecepatan Akses Internet tentunya sangat bergantung pada kecepatan yang ditawarkan oleh ISP, untuk itu kita harus pintar-pintar memilih mana ISP yang menyediakan akses internet Tercepat dan Termurah, artikel tersebut berisi Daftar Lengkapt Paket Internet tiap ISP, yang bisa Anda gunakan untuk membandingkan satu dengan yang lain, untuk melihat IPS mana yang menawarkan Paket Internet Terbaik soal Harga.

Kembali ke topik, pada artikel kali ini, tak main-main, saya akan menjelaskan kepada Anda tentang 2 Cara untuk melakukan Pengecekkan kecepatan akses internet.

  1. Cara Tes Kecepatan Akses Internet Secara Akurat dengan Website
  2. Cara Tes Kecepatan Akses Internet Secara Akurat dengan Software

2 Cara berbeda namun akan menghasilkan data yang sama, jadi kedua-duanya sama-sama layak untuk dicoba. Yang nantinya bisa Anda nilai sendiri mana yang lebih simpel dan tidak ribet.

Mungkin langsung saja, pertama kita akan membahas Website atau Situs untuk Cek kecepatan akses internet.


Cara Tes Kecepatan Akses Internet dengan Website


Penasaran, situs apa saja yang saya maksud ? berikut daftar lengkap situs yang bisa Anda coba untuk mengetes seberapa cepat koneksi Anda, beserta cara ceknya.

  1. Speedtest.net

    Cara Tes Kecepatan Akses Internet dengan Website Speedtest.net
    Cara Tes Kecepatan Akses Internet (speedtest.net)

    Speedtest.net bisa dibilang adalah induk dari segala website yang menyediakan fitur pengecekkan kecepatan akses internet. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat speedtest.net ini sudah berdiri sejak lama.

    Yang terbaik dan paling saya suka dari situs ini adalah pada tampilan Websitenya yang sangat modern dan terkesan proffesional, selain desain keakuratan data juga menjadi alasan utama kenapa saya meletakkan speedtest.net diurutan pertama.

  2. Speedtest.telin.co.id

    Cara Tes Kecepatan Akses Internet dengan Website Speedtest.telin.co.id
    Cara Tes Kecepatan Akses Internet (speedtest.telin.co.id)

    Jika speedtest.net sangat cocok untuk cek kecepatan akses internet untuk ip luar seperti USA, maka speedtest.telin.co.id ini cocok digunakan untuk Anda yang ingin mengecek kecepatan internet dengan ip lokal.

    Alasan utama kenapa harus dibedakan seperti itu adalah karena kita ingin mengecek keakuratan Ping, dimana ping dari setiap Situs yang menyediakan Speed Test berbeda-beda, jadi hasilnya pun juga akan berbeda.

Itu untuk pengecekkan melalui Situs / Website / Online, nah sekarang kita akan melanjutkan pengecekkan menggunaka Software, tentunya Software Gratis.


Cara Tes Kecepatan Akses Internet dengan Software


Software yang akan kita gunakan adalah DownTester dari Nirsoft, dimana software ini bersifat gratis, silahkan Anda ambil saja di website resminya.

Oke, saya anggap Anda sudah menginstall DownTester, kini saatnya melakukan pengecekkan kecepatan internet.

Buka DownTester, lalu jalankan dengan mengklik tombol Play.

Cara Tes Kecepatan Akses Internet dengan Software
Cara Tes Kecepatan Akses Internet dengan Software

Yang menarik dari DownTester adalah Data yang diberikan tidak hanya berupa kecepatan dalam Bits tapi juga Bytes. karena pada umunya situs Speed Test hanya memberikan data dalam satuan Bits, dimana sesungguhnya Bits bukanlah kecepatan yang akurat untuk mendownload, karena harus dibagi 8 agar menjadi Bytes (kecepatan akurat download).

Sampai disini dulu informasi mengenai Cara Tes Kecepatan Akses Internet, selamat berinternet ria.
Terima kasih telah membaca artikel tentang 2 Cara Tes Kecepatan Akses Internet Secara Akurat di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :