Cara SEO | Cara Membuat Blog Makin SEO

Cara SEO, Cara Membuat Blog Makin SEO
Cara Membuat Blog Makin SEO

Banyak orang beranggapan bahwa untuk bisa mendapatkan Ranking 1 di Google mereka mendewakan BackLink.

Praktis, untuk mereka yang mendewakan BackLink otomatis akan mengesampingkan kualitas dari konten itu sendiri, karena mereka berfikir 'alah, konten ga usah bagus-bagus yang penting kasih backlink pasti bisa masuk page one'.

Sekarang pertanyaanya adalah, Apakah hanya dengan modal BackLink bisa mengantarkan Blog kita menuju Google Page One (dengan tingkat persaingan keyword yang tinggi) ? sejauh yang saya coba, itu adalah yang mustahil.

Nah, untuk itulah disini saya akan mencoba berbagi pengalaman kepada Anda semua, tentang Cara Membuat Blog agar semakin SEO.


1. Mengubah Title Tag Agar Lebih SEO


Coba Anda perhatikan Title Tag Default yang digunakan di seluruh template bawaan Blogspot. Title Tag yang tertulis pasti akan sulit terbaca (jika kita berada di halaman artikel)


Contoh Title Tag Default ( Kurang SEO )

Title+Tag+Kurang+SEO


Dan, berikut ini Contoh Title Tag Super SEO

Title+Tag+Super+SEO


Cara merubah Title Tag Default Menjadi Super SEO
  • Masuk ke Layout (tata letak)
  • Klik Edit HTML
  • Tekan CTRL + F, lalu cari kode ini : <title><data:blog.pageTitle/></title>
  • Selanjutnya, ubah kode tersebut dengan Tag yang ada dibawah ini.

    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'> <title><data:blog.title/></title> <b:else/> <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title> </b:if>
Dengan begitu, Title Blog Anda akan menjadi SEO, karena mendahulukan Judul Artikel ketimbang Judul Blog.


2. Merubah Tag Heading H1, H2, H3 Blog


Lagi-lagi ini disebabkan oleh Template Default Blogspot, yang malah menggunakan Tag H2 untuk menuliskan Tanggal. Sementara untuk judul artikel ditulis dengan Tag H3.

Tentunya ini bukan hal yang baik untuk SEO, karena memang idealnya Judul Artikel haruslah ditulis dengan Tag H2 dan Judul Blog dengan H1.

Cara Mengganti Tag Heading Blog Agar Lebih SEO :
  • Langkah sama seperti diatas, yaitu buka Layout dan klik Edit HTML
  • Tekan CTRL + F, lalu ketikkan <h2>
  • Pasti Anda akan menemukan tag H2 lebih dari satu, nah Anda ubah semua dengan <h3> dan jangan lupa, tag penutupnya ubah juga dengan </h3>
  • Selanjutnya, Anda cari Tag H3 (selain yang sudah dirubah dari tag h2 tadi) lalu ganti menjadi <h2>
Sekarang Anda cek, saya jamin Judul Artikel dan Tanggal sudah berubah Tag Headingnya menjadi lebih SEO.

Penjelasan mngenai Tag Heading bisa Anda baca selaengkapnya di : Fungsi Tag h1 h2 h3 h4 h5 h6.


3. Mengisi Deskripsi Blog Yang SEO


Apa susahnya mengisi deskripsi blog ? seperti membalik telapak tangan bukan. Tapi apakah deskripsi yang Anda tulis sudah benar-benar SEO ?

Jika Anda mengejar Keyword yang berbentuk kalimat panjang dan mempunyai kemiripan, sebaik di di Deskripsi Anda tuliskan dengan menggunakan tanda atau simbol vertical bar '|'.

Penjelasan lengkap mengenai vertical bar ini, bisa Anda baca selengkapnya di : Cara Mengisi Deskripsi Blog Yang SEO Friendly.

Mungkin ini dulu tips singkat bagaimana Cara Membuat Blog Anda makin SEO yang bisa saya berikan. Jika ada waktu luang InsyaAllah artikel akan saya update. Akhir kata saya ucapkan sekian dan terimakasih banyak telah bersedia membaca tutorial ini.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara SEO | Cara Membuat Blog Makin SEO di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :