Bisnis Online Itu Tidak Mudah!

Bisnis Online itu mudah! tak perlu mengeluarkan banyak modal, bisa dikerjakan dimana saja, jadi kenapa Anda tidak memulai bisnis online dari sekarang ?

Hoam, kata-kata itu keluar dari mulut sang motivator 'hebat'.

motivasi bisnis online


Motivator yang hebat dalam berbicara tapi sebenarnya tak mengerti tentang apa yang telah beliau bicarakan.

Siapa sih saya ? sampai berani mengatakan seperti itu ? saya bukan siapa-siapa cuma anak ingusan yang baru terjun di dunia IM (Internet Marketing) kemarin sore, jangan tanya penghasilan, karena penghasilan saya dari IM tak ada artinya jika Anda bandingkan dengan sang Motivator hebat tersebut, tapi alhamdulliah cukuplah untuk beli gorengan tiap hari.

Kembali ke topik, mari kita selidiki apa yang salah dengan ucapan sang Motivator 'hebat' tersebut.


Kesalahan 1 : Bisnis Online itu Mudah!


bisnis online mudahWTH, bisnis online mudah ? apa kata mbah dukun ? kalau bisnis online mudah, kenapa tidak semua orang kerja saja jadi Online Marketer ? katanya bisnis online itu mudah ?

Cukup pasang iklan ada yang order dapat duit
Cukup buat blog ada pengunjung datang dan ngeklik iklan dapat duit
Cukup ngajak orang buat gabung (afiliasi) ke suatu program dapat duit
Cukup upload karya / desain kita dapat duit lagi

Kesalahan fatal jika kita menganggap bisnis online itu mudah, karena jika Anda bertanya dengan para Master IMer, tentunya mereka akan menjawab itu hal yang sesat. Bisnis Online itu TIDAK Mudah! camkan itu nak.

Anda harus benar-benar siap untuk tidak mendapatkan hasil (uang) selama berbulan-bulan bahkan tahun, Anda harus siap memandangi monitor selama 6 - 12 jam sehari, Anda harus siap mengorbankan kesenangan sesaat untuk mendapatkan kesenangan yang sesungguhnya, dan yang paling parah Anda harus siap menjomblo (opsional : hanya agar lebih fokus).

Itulah yang menjadi penyebab mengapa tak sedikit orang yang gagal dan menyerah saat terjun ke dalam Bisnis Online, karena apa ? karena mereka tidak siap akan semua itu, dan parahnya doktrinasi sang motivator 'hebat' tadi, sudah meresap kedalam jiwa mereka.

Tak bijak juga jika terus-terua.an menyalahkan sang motivator, dan untuk menghindari hal tersebut, mungkin kata bijak yang tepat untuk menggambarkan bisnis online adalah.

Bisnis Online itu Susah diawal dan akan Mudah diakhir.

Membangun auhtority dan seo (dibaca: es i o, bukan seo) hal itu lah yang menyebabkan kita harus siap tidak mendapatkan apa-apa dalam beberapa bulan pertama memulai bisnis online.

Lanjut kita bahas kesalahan yang ke 2


Kesalahan 2 : Bisnis Online Tak Perlu Mengeluarkan Banyak Modal!


Saya tahu persis, memang pengeluaran yang harus kita bayar saat pertama memulai bisnis online jika dibandingkan dengan bisnis offline tentu akan lebih besar bisnis offline. Tapi taukah Anda sebenarnya Bisnis Online juga bukan bisnis yang bisa dibilang Tanpa Banyak Modal atau jika saya pertegas, bisnis online itu bukan bisnis yang Murah!

Kenapa saya katakan bukan bisnis yang murah ? karena memang anggaran yang harus anda keluarkan untuk membayar biaya hosting di sebuah situs web tidaklah murah.

harga hosting untuk bisnis online

Kita ambil saja contoh IDwebhost, sebuah situs web yang menawarkan hosting. Mereka mematok harga yang bervariasi, mulai dari Rp.1000,00 - 6p.690.000,00 per bulam. Misal saja kita memilih paket hosting yang tengah, tidak terlalu premium dan tidak juga terlalu biasa (tengah-tengah) dan harganya adalah Rp.110.000,00 per bulan.

Harga segitu akan terlihat murah, untuk orang yang berpenghasilan tinggi, tapi bagaimana 'maaf' dengan orang yang penghasilannya tak lebih dari 1jt, tentunya itu akan menguras lebih dari 10% dari pendapatan perbulan orang tersebut (hanya untuk hosting).

Kesimpulan :


jadi, bisnis online itu Tidak Mudah dan Tidak Murah! jauh berbeda dengan apa yang dikatakan motivator 'hebat' tersebut. Tujuan dari penulisan artikel ini tentunya untuk membantu teman-teman agar berfikir dua kali sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis online.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Bisnis Online Itu Tidak Mudah! di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :