Pengalaman Saya Cara Mencari Uang Dengan Kerja di Internet

Cara Mencari Uang Dengan Kerja di Internet

Dapat uang di internet bukanlah sebuah mitos, sudah banyak orang yang membuktikannya termasuk saya pribadi yang telah merasakan uang mengalir ke rekening hasil dari Kerja di Internet, meskipun jumlah nominalnya masih terbilang kecil jika dibanding penghasilan atau pendapatan teman-teman Internet Marketers yang lain. Namun entah kenapa, akhir-akhir ini saya ingin sekali membagikannya, khususnya kepada para pemula yang ingin belajar mencari uang dari Internet.

Dan di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam mencari uang melalui internet tanpa modal yang telah saya jalani selama kurang lebih 2 Tahun. Sebelumnya saya ingin menjelaskan terlebih dahulu, bahwa yang saya maksud dengan 'tanpa modal' disini adalah tidak menggunakan modal yang sampai puluhan juta rupiah, karena hanya butuh modal untuk membeli paket internet saja.

Saat pertama kali memutuskan untuk bekerja di internet sekitar tahun 2013, jujur saja awalnya saya sangat bingung, mengingat banyak sekali situs di internet yang katanya akan membayar kita dengan uang atau lebih tepatnya dengan dollar, karena saat itu saya masih newbie atau pemula (sebenarnya sampai sekarang masih) maka dengan pd-nya saya mencoba satu per satu situs yang mengklaim atau mengatakan akan membayar membernya jika mampu mengajak orang lain untuk bergabung dan menjadi member di situs tersebut, singkat cerita saya berhasil mengajak banyak orang untuk bergabung setelah promosi mati-matian di media sosial, namun yang terjadi adalah pendapatan masih stuck di angka puluhan dollar, karena saat itu saya tidak paham berapa besar pendapatan yang saya dapat jika mengajak 1 orang, karena yang saya pikirkan saat itu hanya mengajak orang.

Melihat prospek yang kurang menguntungkan, maka saya berniat untuk pindah haluan dengan menjadi seorang penulis, karena saya berfikir uang yang saya dapat akan instan, maksudnya tidak perlu menunggu hari tertentu, dalam artian saya bisa gajian tiap hari.

Cari Uang Dengan Kerja di Internet sebagai Penulis #1


Cara Mencari Uang Dengan Kerja di Internet sebagai Penulis

Merasa gagal dengan bisnis pertama saya, maka pada bulan Maret 2013 saya mengambil keputusan untuk menjadi seorang penulis, saat awal membuka pekerjaan ini di Facebook (artikel terkait: cara mendapatkan uang banyak dari facebook), saya optimis bisa berhasil (baca: bisa kaya) dan ternyata benar saja, di awal pembukaan banyak sekali yang mempercayakan saya sebagai penulis di Blog mereka.

Soal penghasilan. usaha online dengan menjual artikel atau menjadi penulis bisa dibilang besar sekali, bayangkan saja untuk menulis di satu blog saya memtok harga antara (150 - 250 ribu) tergantung niche atau tema artikel yang saya tulis dan juga panjang artikel tersebut, semakin spesifik niche dan semakin panjang tulisannya, maka harganya juga akan semakin mahal.

Karena hasilnya pasti, maka saat itu saya memutuskan untuk bekerja di 5 blog sekaligus, ini artinya setiap hari saya menulis artikel sebanyak 5 kali dengan 5 niche yang berbeda. Di bulan awal, saya sangat semangat dengan pekerjaan ini, karena syukurlah 1 juta per bulan bisa saya kantongi dari pekerjaan ini, namun lambat laun, atau tepatnya 1 bulan setelah bekerja, pekerjaan yang awalnya menyenangkan menjadi menyeramkan, karena saya mikirnya "bukankah bukannya lebih baik saya menulis untuk blog saya sendiri ? ketimbang memberikan tulisan saya kepada orang lain ?"

Dari situlah, muncul niat dari dalam diri saya untuk bekerja mandiri, artinya saya tidak lagi menjadi penulis di blog orang lain, melainkan bekerja untuk blog saya sendiri.

Tips & Trik Kerja di Internet Sebagai Penulis


Jika Anda benar-benar ingin terjun di dunia internet dengan bekerja sebagai seorang penulis, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisa sukses menjadi penulis (contet writer) :

  • Berikan harga yang lebih murah untuk pembelian artikel secara grosir, agar calon pembeli lebih semangat memesan dalam jumlah banyak sekaligus.
  • Utamakan kualitas bukan kuantitas, karena penulis yang sukses adalah penulis yang mampu menjadikan jasanya berkelanjutan (sutainable).
  • Pelayanan yang profesional, dengan memberikan pelayan terbaik, maka ini akan membuat pelanggan tak ragu untuk memesan kembali jasa Anda.
  • Berikan bonus atau hadiah untuk pelanggan, tujuan utamanya adalah agar si pelanggan termasuk menjadi pelanggan tetap.

Cari Uang Dengan Kerja di Internet sebagai Blogger #2


Cara Mencari Uang Dengan Kerja di Internet sebagai Blogger

Dengan ilmu seadanya, saya lalu memutuskan untuk menjadi Blogger dan mulai membangun blog baru, dan saya memilih untuk membuatnya di Blogger.com karena saya berfikir akan sangat menghemat biaya, jika saya membuatnya disana, ketimbang memakai self host yang bukan hanya harus beli domain namun juga harus bayar atau sewa hosting, dan dengan adanya Blogger.com saya tidak perlu pusing mengenai domain ataupun hosting.

Lima blog sudah berhasil saya buat dalam waktu kurang lebih 10 menit, dan mulailah saya rutin mengupadte blog-blog baru tersebut, 1 bulan belum mendapatkan traffic, 2 bulan berlalu pengunjung masih ratusan, 3 bulan berlalu masih sama, dan dari sini saya mulai berifikir mengenai apa yang saya dengan blog saya, kenapa tidak kunjung mendapatkan pengunjung, jadi bisa dibilang selama 3 bulan ngeblog saya tidak mendapatkan apa-apa, ini jelas berbeda jika dulu saya memutuskan untuk tetap menjadi Penulis Artikel, namun penyesalan tinggalah penyeselan.

Tak mau larut dalam penyesalan, saya berusaha keras mencari cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog melalui Google, 1 blog saya buka dan baca, lanjut ke blog berikutnya, dan akhirnya saya tahu kesalahan saya, yaitu tidak melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat artikel. Memang saya akui saat itu saya hanya fokus menulis dan menulis, tanpa memikirkan hal-hal lain seperti Riset Keyword ataupun SEO.

Dan di bulan keempat saya memperbarui tulisan lama saya, mengganti judul, mengimplementaasikan On-Page SEO pada setiap artikelnya, dan alhamdulilah pada bulan keenam, blog satu persatu mulai mengalami peningkatan pengunjung, dan dari sana saya langsung berniat untuk memonetize atau memasang iklan di kelima Blog saya. Pengalaman lengkap tentang bagaimana saya menjadi blog sebagai ladang uang bisa Anda baca di artikel ini Cara Mendapatkan Uang dari Blog.

Tips & Trik Kerja di Internet Sebagai Blogger


Sebagai seorang Blogger ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari internet, dan kedua hal berikut ini saya harap bisa memberikan inspirasi untuk Anda :

  • Tidak harus dengan sistem PPC, Anda juga bisa melakukan review sebuah produk untuk mendapatkan uang dari Internet dengan Blog yang Anda buat.
  • Jual produk melalui Blog Anda, prduk yang saya maksud tidak harus berupa barang asli, karena ada banyak produk virtual yang bisa Anda jual, seperti E-Book misalnya (tips lengkap silahkan anda pelajari disini: belajar bisnis internet marketing).
  • Perhatikan strategi pemasaran online dan penjualan online saat Anda akan menawarkan kerjasama baik itu dalam hal review maupun penjualan produk.

Cari Uang Dengan Kerja di Internet sebagai Publisher #3


Cara Mencari Uang Dengan Kerja di Internet sebagai Publisher

Melihat potensi Blog yang semakin membaik dari hari ke hari maka saya memutuskan untuk menguangkan (monetize) blog-blog saya tersebut dengan cara bergabung menjadi Publisher dengan Google AdSense. Informasi ini saya dapat dari salah satu teman saya di Facebook dan juga teman-teman publihser lainnya yang mengatakan bahwa Google AdSense adalah penyedia program PPC (pay per click) yang mempunyai rate atau nilai klik paling tinggi saat ini.

Tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar Google Adsense melalui Youtube, karena saat itu Google masih menginjinkan AdSense Hosted untuk dipasang di produk Google yang lain seperti Blogger.com. Dan syukurlah hanya dalam beberapa hari sudah diterima, dan tanpa pikir panjang langsung saya membuat iklan di AdSense untuk saya pasang di Blog.

Karena minimnya pengetahuan yang saya miliki tentang Google AdSense, maka saat itu saya hanya membuat 1 iklan saja untuk saya tepatkan dibawah menu, atau diatas judul. Dan hasilnya jelas kurang memuaskan, tercatat dari bulan september sampai dengan desember (kurang lebih dua bulan lebih) hasilnya masih kurang dari $50.

Untuk kedua kalinya saya berfikir ada yang salah dengan Blog saya, lalu saya cari tahu lagi, ternyata kesalahan saya tersebut adalah dari penempatan iklan yang bisa dibilang kurang strategis, sehingga kurang memotivasi pengunjung untuk mengklik, dari situ saya mencari cara meningkatkan CTR AdSense, dan setelah saya terapkan untuk kedua kalinya mengucap syukur karena CTR naik dan Earning pun juga naik, sampai akhirnya mendapatkan PO yang pertama dari Google AdSense karena perjuangan saya tidak sia-sia.

Tips & Trik Kerja di Internet Sebagai Publisher


Sebelum Anda memutuskan untuk kerja di internet sebagai seorang publisher, ada 4 hal yang wajib Anda ketahui dan perhatikan agar bisa sukses berkarir sebagai publisher :

  • Pilihlah penyedia Layanan PPC yang sudah terbukti membayar, dan memiliki nilai CPC (cost per click) yang besar, seperti Google AdSense (luar negeri) atau IdBlogNetwork (dalam negeri).
  • Gunakan template yang simpel dan memiliki warna yang tidak mencolok, saran saya gunakan template dengan background putih, karena selain membuat Blog tampak bersih juga akan membuat pengunjung nyaman saat membaca.
  • Posisikan penempatan iklan pada tempat yang strategis seperti disamping Judul Blog, Diawal dan Diakhir artikel, karena ini nantinya akan meningkatkan CTR (click through rate) yang aka membuat penghasilan meningkat.
  • Jangan terlalu nafsu untuk memasang banyak iklan, boleh lebih dari tiga, asal jangan sampai iklan tersebut menutup sebagian atau bahkan seluruh artikel seperti contohnya iklan pop-up, itu sangat tidak disarankan.

Itulah ketiga pengalaman saya, tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari internet, intinya adalah jika Anda ingin mendapatkan uang dari internet secara cepat dengan nominal yang tak terlalu besar, maka saya menyarankan kepada Anda untuk bekerja di internet sebagai Content Writer (Penulis Artikel) karena apa ? karena dengan menjadi seorang penulis, maka hasil yang didapat bisa langsung dirasakan, dan tidak menutup kemungkinan pendapatan Anda bisa berlipat-lipat, selama Anda memiliki network atau jaringan yang luas.

Sementara untuk Anda yang mau bersabar, pantang menyerah dan bersedia bekerja keras, maka menjadi seorang Publisher adalah pilihan yang tepat, hasilnya mungkin tidak bisa langsung Anda rasakan seperti menjadi penulis, namun jika Anda berhasil melewati masa-masa "perjuangan" maka Anda akan merasakan sebuah kedamaian, karena ditinggal tidur sekalipun, uang atau penghasilan akan tetap mengalir.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Pengalaman Saya Cara Mencari Uang Dengan Kerja di Internet di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

1 komentar :

Boleh juga nih pengalaman dari sobat :)

Balas