7 Software Untuk Membuat Animasi Terbaik

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai software animasi terbaik, akan jauh lebih jika kita mengerti terlebih dahulu mengenai pengertian dari animasi itu sendiri, apa itu animasi ? animasi adalah sekumpulan gambar yang disusun secara beraturan. Atau sederhananya Anda bisa mengartikan animasi sebagai gambar bergerak.

Lantas "software apa saja yang paling baik untuk membuat sebuah animasi ?" ada banyak, namun satu hal yang pasti jika Anda ingin mendapatkan software animasi terbaik, maka mau tak mau Anda juga harus menyiapkan modal yang tak sedikit, karena rata-rata software animasi dibanderol mulai dari $100 dan bahkan ada yang sampai nyaris menyentuh angka $2000 atau sekitar 20 juta lebih.

Namun harga yang mahal tentu akan dibarengi dengan kualitas yang handal. Jadi saya rasa wajar-wajar saja harga seperti itu, karena memang sejatinya harga mencerminkan rupa.

Oke kita kembali ke topik, sesuai judul artikel di atas, maka kali ini saya akan membahas 7 Software Animasi Terbaik untuk para pengguna OS Windows ( Windows 7 maupun Windows 8 ).

Untuk mempermudah Anda, maka 7 Software Animasi ini nantinya akan saya bedakan menjadi dua kelompok, yaitu software animasi gratis dan yang berbayar.

Berbayar :

  1. Flash (2D)
  2. Anime Studio (2D)
  3. Maya (3D)
  4. Lightwave (3D)

Gratis :

  1. Blender (3D)
  2. Synfig Studio (2D)
  3. Scratch (2D)


Selanjutnya saya akan berikan sedikit penjelasan mengenai ketujuh software animasi diatas, mulai dari kelebihan sampai kekurangan, baik yang berbayar maupun yang gratis dan tak lupa saya beritahu juga berapa harga dari tiap-tiap software animasi berbayar diatas.

4 Software Animasi Berbayar Terbaik


Adobe Flash (2D)


Software Animasi Adobe Flash

Flash merupakan software animasi terbaik untuk membuat gambar bergerak 2D (2 dimensi) yang dikembangkan oleh Adobe. Saya katakan terbaik karena memang software animasi Flash ini memiliki banyak fitur, dan bukan hanya fitur melainkan juga tutorial. Jadi ketika Anda membeli software ini, maka Anda tak perlu takut tidak bisa menggunakannya, karena diluar sana, baik di Youtube maupun di situs resmi Adobe, semua tutorial dari dasar penggunaan sampai ke tingkat lanjut sudah disediakan dan siap untuk didownload.

Untuk kekurangan dari software ini saya belum menemukan, mungkin dari harganya yang kurang murah, karena Adobe Flash Professional CC dibanderol dengan harga $699 dan untuk kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Navigasi yang mudah
  • Bisa untuk membuat game
  • Bisa langsung memasukkan video

Anime Studio (2D)


Software Animasi Anime Studio

Untuk Anda pecinta anime atau kartun jepang, dan mungkin tertarik untuk membuat anime versi Anda sendiri ? maka software Anime Studio ini layak dan patut untuk Anda coba. Sesuai namanya, software yang satu ini memang dirancang bukan hanya untuk menggambar namun juga untuk membuat video anime. Untuk harga Anda bisa sedikit lega, karena tidak semahal Flass Pro, yaitu dengan harga $49.99.

Salah satu hal yang membuat saya suka dengan software ini adalah kemampuannya untuk memberikan efek bayangan, dan bahkan Anime Studio v.9.5 (versi terbaru) sudah terdapat fitur untuk menggambar dengan vector, jadi gambar yang dihasilkan akan sangat jelas alias tidak pecah-pecah.

Masih banyak fitur keren lain yang ada di Anime Studio ini, diantaranya adalah :

  • Bone Rigging (mampu menggambar animasi di tiap frame)
  • FBX Support (untuk mengeskport hasil animsi ke unity (untuk dibuat game)

Maya (3D)


Software Animasi Maya

Software animasi yang satu ini sama sekali tidak saya sarankan untuk Anda yang masih pemula, karena dari tampilan atau istilah teknisnya UI (user interface) menurut saya pribadi tidak terlalu User Friendly. Hal ini jelas akan membuat Anda kesusahan ketika ingin membuat sebuah animasi menggunakan Software Maya 3D ini.

Namun jika Anda sudah memiliki mentor atau paling tidak buku panduan, bisa ebook atau buku asli, maka saya yakin Anda akan mampu membuat animasi kelas dunia. Karena memang pada dasarnya software maya dibuat untuk orang-orang yang bekerja di dunia film. Harga untuk Software Maya adalah $1,995 atau jika dirupiahkan setara dengan 23 juta.

Fitur terbaik yang ada di Maya antara lain :

  • Bifrost Procedural Effects Platform (untuk melakukan rendering secara detail)
  • XGen Arbitrary Primitive Generator (untuk membuat rambut otomatis)
  • Geodesic Voxel Binding (untuk membuat tokoh animasi)

Lightwave (3D)


Software Animasi Lightwave

Tidak jauh berbeda dengan Maya, Ligthwave juga merupakan salah satu software yang sangat ampuh untuk membuat animasi 3D. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali fitur yang bisa Anda gunakan, dan kabar baiknya adalah Lightwave bisa Anda coba selama 30 Hari pertama (trial).

Untuk Anda pengguna Mac OSX boleh berbangga, karena software Lightwave tidak hanya tersedia untuk Windows, namun juga sudah bisa diunduh dan digunakan untuk pengguna Apple Mac OSX. Namun jangan bangga dulu, karena harga dari software ini hampir setara dengan harga komputer Anda tersebut, yaitu seharga $995.

3 Software Animasi Berbayar Terbaik


Blender (3D)


Software Animasi Blender (3D)

Blender merupakan salah satu software animasi 3D gratis yang support multi platform, artinya baik pengguna Windows, Linux maupun Mac OSX dapat menggunakan software animasi Blender. Tak hanya itu, Blender juga menyediakan soruce code yang artinya software ini bebas dikembangkan oleh siapa saja dan untuk kepentingan apa saja (komersil atau semacamnya).

Meskipun software animasi Blender ini gratis, namun jangan salah, bahkan kualitas dari software ini boleh diadu dengan software animasi berbayar. Karena memang dari segi fitur software ini bisa dibilang sangat kaya fitur, sebagai contoh ada Photorealistic Rendering yang memungkinkan Anda untuk melakukan rendering pada objek yang telah Anda buat agar nampak nyata setelah dilakukan proses rendering.

Synfig Studio (2D)


Software Animasi Synfig Studio (2D)

Synfig Studio adalah satu software animasi 2D yang menurut saya pribadi cukup baik untuk kelas gratisan. Karena dari segi memang apliksi ini sangat user friendly, jadi untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan software ini bisa dipastikan akan sangat mudah mengoperasikannya tanpa perlu buku panduan atau video tutorial.

Scratch (2D)


Software Animasi Scratch (2D)

Satu lagi software animasi 2D gratis yang juga sudah support multi platform adalah Scratch. Scratch memang ditujukan untuk para pemula dalam hal animation editing. Jadi jika ditanya fitur apa saja yang ada di software ini, maka jawabannya ya standar pemula, artinya mungkin hanya tool dasar saja.

Ketujuh Software Komputer Untuk Membuat Animasi yang saya bagikan diatas bisa dibilang yang terbaik dikelasnya menurut versi saya. Dan mungkin Anda pernah mencoba software animasi yang menurut Anda lebih baik dari 7 Software Animasi diatas ? jika iya, akan sangat berterimakasih jika Anda mau membagikannya dengan kami.
Terima kasih telah membaca artikel tentang 7 Software Untuk Membuat Animasi Terbaik di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :