Tutorial Cara Install Linux Ubuntu versi 13.04

Tutorial Cara Install Linux Ubuntu versi 13.04 – Tahukah kamu tentang Linux Ubuntu? Linux Ubuntu adalah produk atau Sistem operasi dari disribusi Linux yang berbasis Debian dan bersifat Open Source (Gratis) berbeda dengan Windows 7, 8 atau XP.  Linux Ubuntu memiliki 2 versi yaitu versi Ubuntu Desktop dan Ubuntu Server. Tapi kali ini saya akan membagikan Bagaimana cara install Linux Ubuntu.
Linux Ubuntu versi 13.04

Linux Ubuntu versi 13.04

Seperti biasa sebelum memulai langkah instalasi Linux Ubuntu pastikan kamu sudah memenuhi syarat-syaratnya. Spesifikasi minimal komputer/laptop, disarankan file iso Linux Ubuntu untuk download langsung di web resmi linux dan Siapkan Cemilan (rekomendasi). Baiklah  berikut langkah-langkah cara install Linux Ubuntu 13.04.

1.      Atur pada Booting BIOS, booting pertamanya adalah CD-ROM, lalu simpan dengan cara tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan exit.
2.      Sebelum Keluar dari BIOS masukkan CD instalasi, Ubuntu desktop 13.04.
3.      Kamu akan di sambut dengan layar selamat datang, dan Kamu di minta untuk memilih bahasa Kamu, dan juga terdapat pilihan untuk menginstal Ubuntu (Install Ubuntu) atau coba dari DVD (Try Ubuntu). Pilih saja Install Ubuntu.
Pemilihan bahasa instalasi ubuntu
Pemilihan bahasa instalasi ubuntu
4.  Prepare to install Ubuntu, Jika Kamu terhubung ke internet, silahkan ceklist pada opsi yang tersedia, namun jika tidak ada koneksi, abaikan dan Klik Continue untuk melanjutkan instalasi. 
Persyaratan sebelum instalasi
Persyaratan sebelum instalasi
5.   Wireless, Pada lengkah ini Kamu akan diminta untuk memilih jaringan nirkabel, jika Kamu terhubung ke internet, di sarankan untuk menghubungkan Selama instalasi sehingga komputer Kamu up to date. Klik Continue untuk melanjutkan.
Pemilihan jaringan nirkabel
Pemilihan jaringan nirkabel
6.  Installation type, Pada tahap ini pilih saja Something Else. Kemudian tekan Next.
Pemilihan jenis instalasi
Pemilihan jenis instalasi
7.  Pilih drive yang mau di install di linux Kamu harus membuat partisi root (/) byang berfugsi untuk menyimpan file2 linux Kamu . untuk extensi gunakan lah yang versi terbaru , di sini saya menggunakan Ext4 . jika Kamu gk mau repot cukup buat satu partisi saja , karna SWAP akan terbuat Otomatis dan lanjutkan dengan Continue
 Pembuatan partisi sistem

 Pembuatan partisi sistem

8.   Pada langkah ini Kamu di minta untuk memilih lokasi Kamu yang benar dan klik 'Continue' untuk melanjutkan.
9.    Keyboard layout, Silahkan pilih pengaturan bahasa keyboard Kamu pada pilihan yang tersedia, namun jika Kamu tidak yakin dengan pilihan Kamu, silahkan klik pada tombol ’Detect Keyboard Layout’ untuk mendeteksi keyboard yang Kamu gunakan.
Pemilihan jenis layout keyboard
Pemilihan jenis layout keyboard
10.   Who are you?, Pada langkah ini Kamu disuruh untuk memasukkan rincian Username dan Password yang Kamu gunakan. silahkan di isi dengan benar dan jangan sampai lupa dengan password yang Kamu gunakan.
Pengisian data pengguna
Pengisian data pengguna
11. Installing system, Lalu sistem akan melakukan install, dan akan ada beberapa penjelasan tentang Ubuntu yang dapat di Pelajari lebih lanjut. Sampai di proses ini seilahkan di tunggu sambil minum teh hangat.
Proses Install Ubuntu

Proses Install Ubuntu

12. Instalation Completed, Setelah proses instalasi selesai. Maka akan muncul dialog pilihan untuk melakukan restart komputer Kamu, Pilihlah Restart Now dan mulai Ubuntu!
Proses instalasi complete
Proses instalasi complete
Bagaimana? Mudahkan?  Jelas, Semoga dengan artikel ini ilmu saya jadi bermanfaat dan tidak mubazir (Amien). Jika ada pertanyaan tentang Tutorial Cara Install Linux Ubuntu versi 13.04  bisa melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih.

Baca juga : Tutorial Cara Install Windows 8 dengan Gambar, LENGKAP!
Terima kasih telah membaca artikel tentang Tutorial Cara Install Linux Ubuntu versi 13.04 di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :