Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula

Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula

Cara Menggunakan Twitter atau cara pakai twitter bukan sesuatu yang susah atau menakutkan, karena pada dasarnya Twitter sama-sama situs microblogging atau media sosial seperti Facebook dan Google+, jadi untuk menggunakan twitter ini tidak memerlukan keahlian khusus.

Tapi, ada tapinya ! di twitter ini banyak sekali istilah-istilah atau bahasa kerennya singtwit alias singkatan twitter.

Ya, para pengguna Twitter memang gemar sekali menggunakan singkatan ketika menulis tweet (kalau di facebook seperti update status) ini mereka lakukan bukan karena mereka alay atau sejenisnya, melainkan karena memang terbatasnya karakter yang disediakan oleh pihak Twitter (140 karakter), jadi mau tak mau mereka harus kreatif, salah satunya ya dengan menggunakan singkatan tersebut.

Nah, kembali ke topik pembahasan, jika kita ingin belajar Cara Menggunakan Twitter, tentu hal pertama yang harus kita lakukan atau pelajari adalah Bahasa Twitter. Bahasa Twitter ini tidak perlu kalian ingat sekaligus, bertahap saja, karena ada banyak sekali.

Untuk mempermudah Anda memahami bagaiamana cara memakai Twitter, maka disini saya akan membagi artikel ini menjadi dua bagian :

  1. Cara Menggunakan Twitter
  2. Cara Menggunakan Twitter Trends

Baik, kita mulai yang pertama dulu tentang bagaimana cara memakai twitter yang biasa atau secara umum.


Cara Menggunakan Twitter


Seperti apa yang sudah saya samapikan diatas, untuk bisa mahir menggunakan atau memakai Twitter, hal mutlak pertama kali yang harus kita kuasai adalah Bahasa Twitter itu sendiri, yang meliputi Singkatan dan kata kata Inggris. Dan berikut penjelasan mengenai bahasa-bahasa yang sering digunakan di Twitter :

  • DM/Direct Message : Ini fungsinya untuk saling mengirim pesan, kalau di facebook atau game online biasa diucapin private message.

  • RT/Retweet : Fitur yang bisa digunakan unutk menshare ulang apa yang Kamu rasa menarik, RT atau Retweet di twitter ada dua jenis, yang pertama adalah Manual dan yang kedua otomatis (dengan memencet tombol retweet).

    Contoh Penggunaan : RT @berguruseo hidup itu seperti bercermin, kamu akan melihat sesuatu yang indah ketika menatapnya dengan ketulusan senyum

  • Follower : Sebutan untuk orang yang mengikuti Kamu, istilahnya kalau di facebook, mereka adalah orang yang nge-add, tapi kalau di Twitter jika tidak tidak suka dengan mereka tidak ada tombol reject.

  • Following : Ini kebalikan dari Follower, kalau following ini orang yang Kamu ikuti

  • Unfollow : Nah, kalau unfollow ini mirip Unfriend kalau di Facebook, jadi kalau tidak ingin melihat Tweet atau Status dia, tinggal klik aja Unfollow.

  • Lists : List adalah cara agar Kamu bisa fokus pada berita tertentu dengan menggabungkan berita yang ada, misal Kamu buat list berita terkini yang isiniya berita dari Kompas, Detik, Viva dan lain lain

  • Search : Kotak Pencarian yang fungsinya untuk mencari teman atau status dari seseorang.

  • Timeline : Seperti diniding lah kalau di Facebook, tapi bedanya Kamu tidak bisa corat-coret di Timeline pengguna lain.

  • Trending Topics : Fitur yang paling saya sukai di Twitter ya trending topics ini, karena apa ? karena si TT ini menyediakan informasi mengenai apa yang sedang booming atau lagi tren atau yang lagi banyak dibicarakan orang.

  • Tweet : Tweet itu sebutan untuk Status yang kalian buat

  • Tweetup : Kalau ada yang ngajakin Tweetup di Twitter, itu artinya mereka ingin bertemu kamu atau istilahnya ingin kopdar (kopi darat)

  • Handle : Ibarat di tag kalau di Facebook, sama aja sih nanti bakal muncul di notif kalian

  • Hashtag : Dilambangkan dengan tKamu pagar (#) yang artinya menKamukan sesuatu yang ingin dibicarakan secara masal

    Contoh Penggunaan : Mawar itu Merah, Melati itu Putih #katabijak, SEO itu kepanjangan dari SEOrang Tamfan #seo

  • @ : Dibaca 'add' ini bisa kalian gunakan jika ingin menKamui orang dalam statusmu atau tweet kamu

  • OverHeard : Atau biasa disingkat OH artinya Kamu baru saja mendegar atau membaca berita menarik tapi enggan menyebutkan secara rinci dari manada Kamu mendengar berita tersebut

    Contoh Penggunaan : Hm, baru saja ku lihat ternyata si Jono diam-diam merayap

  • Heard Trough : Biasa disingkat HT, ini digunakan jika Kamu dapat kabar dari teman Kamu, istilahnya dapat kabar baik dari teman kamu, terus kamu terusin di tweeter

  • Trends : Topik yang sedang hangat dibicarakan

Banyak kan ? sekali lagi tidak perlu dihafalkan cukup baca saja sekilas, nanti juga bakal paham kalau sudah sering menggunakan twitter

Selanjutnya kita pelajari bagaiaman Cara Menggunakan Twitter untuk Update Tweet :

1. Buka Twitter.com

Jangan buka yang lain

2. Klik Compose New Tweet

Icon berbentuk bulu, letaknya ada di pojok kanan atas

Cara Menggunakan Twitter gambar 1
Cara Menggunakan Twitter gambar 1

3. Tulis Statusmu

Tulis sesukamu tapi pastikan itu bisa dipertanggung jawabkan, dan ingat jangan lebih dari 140 Karakter

Cara Menggunakan Twitter gambar 2
Cara Menggunakan Twitter gambar 2

4. Klik Tweet

Selesai sudah, 1 Tweet sudah berhasil kamu buat, selamat atas pencapaianmu yang luar biasa

Selain berbagai text, twitter juga bisa kalian gunakan untuk berbagi foto, atau istilahnya dalam twitter itu PicTwit, jadi apapaun yang kamu lakukan jepret aja lalau upload di twitter tapi ingat pastikan itu layak untuk dibagikan dan bermanfaat untuk semua kalangan !


Cara Menggunakan Twitter Trends


Trending Topics atau sering juga disebut Twitter Trends merupakan fitur unggulan twitter yang paling sering digunakan para Tweeps (sebutan untuk pengguna twitter)  untuk melakukan perbincangan dengan user lain.

Data dari Twitter Trends bisa dilihat dibagian pojok kiri atas, dibawah profil Anda. Penampakkannya adalah sebagai berikut :

Cara Menggunakan Twitter Trends
Cara Menggunakan Twitter Trends

Anda pun juga bisa melihat trend dari negara lain, misalnya USA atau Inggris, atau bahkan Trends apa yang ada di seluruh dunia juga bisa dilihat dengan World Trends.

Untuk menggunakan trends ini sebenarnya cukup mudah, caranya adalah dengan mengklik hash tag ata kalimat yang menjadi Trends maka setelahnya Anda akan dibawa ke halaman baru yang berisi ribuan tweet yang membahas atau membicarakan Trends tersebut.

Gak terasa udah panjang kali lebar artikel yang saya tulis, itu artinya saya sudah harus mengakhiri artikel Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula ini, lebih kurangnya saya mohon maaf, jika ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya di kolom komentar.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Menggunakan Twitter Lengkap Untuk Pemula di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :