Apa Pengertian Google Secure Search atau SSL

apa pengertian google secure search ssl
Google Secure Search dengan SSL


Google Secure Search (GSS) atau Pencarian di Google menggunakan SSL bisa dibilang sebagai “pembunuh” utama para pemain SEO.



Pengertian Google Secure Search


Apa sebenarnya Pengertian Google Secure Search ini ? Kenapa bisa dibilang sebagai pembunuh para pemain SEO ? mudahnya, GSS ini adalah peng-Encrypt-an seluruh data hasil pencarian di Google dengan menggunakan atau melalui SSL dan ciri-ciri yang paling mencolok adalah bergantinya url : dari HTTP menjadi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure).



Setidaknya, sepertilah inilah pernyataan resmi dari Google, tentang GSS ini.



“ We added SSL encryption for our signed-in search users in 2011, as well as searches from the Chrome omnibox earlier this year, We’re now working to bring this extra protection to more users who are not signed in ”




Intinya disitu dijelaskan, awalnya Google hanya akan meng-Encrypt data hasil pencarian khusus untuk pengunjung yang sudah log-in ke akun Google mereka, namun sekarang seluruh hasil pencarian akan di Encrypt (termasuk yang tidak sedang log-in).



Dampak Google Secure Search


Lalu apa dampaknya untuk para praktisi SEO ? dengan “ditutupnya” data hasil pencarian Google (menggunakan ssl tadi) tentunya ini akan menyulitkan para Bloger dan praktisi SEO untuk menyelidiki Kata Kunci apa, yang paling sering dicari oleh Pengunjung.



Namun peng-Encrypt-an itu hanya berlaku untuk pengguna atau pengunjung yang mengakses google.com melalui Private Browser + Tidak Sedang Loged In di Akun Google Plus.



Fungsi Google Secure Search


Selain memberi Dampak buruk (kepada praktisi seo khususnya), ternyata GSS ini juga menyimpan manfaat atau fungsi yang sangat luar biasa. Yaitu untuk menjaga privasi kita dalam mencari sesuatu di Google.



Karena, seperti yang saya tulis diatas, data yang terkirim terlebih dahulu akan di samarkan (encrypt) oleh SSL.



Cara Kerja Google Secure Search


Ketika Anda tidak sedang log-in di akun G+ Anda dan ingin membuka http://google.com menggunakan Private Browser (incognito) maka saat itu pula Anda akan diredirect secara paksa oleh Google menuju https://google.com. Dan selusuh pencarian yang Anda lakukan akan ter-Encrypt sempurna. Jadi google sekalipun akan dipusingkan tentang hal apa saja yang sudah Anda cari (ketik).



Yang perlu dicatat dalam Teknologi SSL ini tidak akan merubah Hasil Pencarian sedikitpun, karena tidak ada keterkaitannya antara SSL dengan Algoritma Google sama sekali.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Apa Pengertian Google Secure Search atau SSL di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :