Cara Mempercepat Mozilla Firefox Agar Tidak Crash

Cara Mempercepat Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah salah satu browser terbaik yang ada di sistem operasi Windows. Ada banyak hal yang membuat Mozilla Firefox menjadi primadona di kalangan pengguna komputer atau laptop Windows, diantaranya adalah karena kecepatannya dalam meload sebuah situs web yang bisa dibilang berada di atas rata-rata, atau dengan kata lain, saat kita mengakses sebuah situs, baik itu blog atau website yang ada di Internet, maka Mozilla Firefox mampu melakukannya beberapa kali lebih cepat dibanding browser lain.

Lantas apa yang membut Mozilla Firefox menjadi salah satu browser tercepat saat ini ? sejauh yang saya tahu, hal tersebut dikarenakan layout engines yang digunakan oleh Mozilla yang bernama Gecko. Nah, engines Gecko inilah yang mentenagai Firefox sehingga mampu mengakses situs web menjadi sangat cepat.

Namun masalahnya, karena engines tersebut pula, sering kali kita merasa Firefox menjadi sangat berat atau lemot saat membuka situs web yang memiliki ukuran besar, atau saat Anda sedang bermain game, jika terlalu lama, maka saya yakin sebagian dari Anda pasti sering mengalami yang namanya crash, unresponsive script atau not responding, bukan ? itu wajar, karena engines gecko termasuk yang terberat dibanding layout engines yang lain, selain itu faktor Flash Player yang semakin membuat Firefox menjadi sangat berat.

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah yang ada di Firefox tersebut ? tidak mungkin kan kita menghapus atau mematikan layout enginesnya ? jadi satu-satunya cara adalah mematikan Flash Player yang ada di Mozilla. Untuk cara mematikannya bisa Anda lihat dibawah ini.

Cara Mematikan Flash Player Untuk Mempercepat Mozilla Firefox Agar Tidak Crash


Disini kita akan mematikan Flash Player langsung melalui file config yang ada di sistem Mozilla Firefox, jadi alat yang kita perlukan hanyalah notepad dan sedikit keberanian. Jika kedua hal tersebut sudah Anda miliki maka saatnya kita mematikan Flash.

  1. Masuk ke folder Flash

    Cara Mempercepat Mozilla Firefox 1

    Letak folder Flash ada di dalam Local Disk C, tepatnya berada di C:\Windows\System32\Macromed\Flash (windows 32 bit) dan C:\Windows\SysWOW64\Macromed\Flash (windows 64 bit).

  2. Cari dan Buka file mms.cfg di Notepad

    Cara Mempercepat Mozilla Firefox 2

    Setelah file tersebut terbuka, selanjutnya tambahkan ProtectedMode=0 pada bagian akhir, lihat screenshot saya diatas agar lebih jelas, ingat tambahkan di bagian akhir (paling bawah).

  3. Save Lalu jalankan Mozilla Firefox

    Cara Mempercepat Mozilla Firefox 3

    Selanjutnya silahkan Anda save file tersebut, dan sekarang silahkan Anda tes dengan membuka situs web yang berat, atau mungkin Anda bisa mencoba bermain game online, dijamin tidak akan lagi menemukan pesan error yang berutilskan 'Unresponsive Script'.

Selain mampu mengatasi crash atau unresponsive script, cara tersebut juga mampu mempercepat Mozilla Firefox dan membuatnya tidak lemot bin lelet lagi. Itu saja dari saya, semoga tips singkat ini bisa memnyelesaikan masalah di browser Mozilla Firefox milik Anda.

Sekedar informasi saja, jika Anda bosan dengan homepage (tampilan awal) yang ada di Browser Mozilla Firefox, maka sebenarnya kita bisa menggantinya sesuai selera, tutorial lengkapnya bisa Anda baca disini Cara Mengubah Halaman Awal Mozilla Firefox.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Mempercepat Mozilla Firefox Agar Tidak Crash di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :