Cara Merawat Hardisk dan Menghindari Kerusakannya

Cara Merawat Hardisk dan Menghindari Kerusakannya - Kali ini Lapkom akan share tentang Bagaimana sih cara merawat hardisk agar tetap awet dan kinerjanya tetap baik? Hardisk merupakan perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan di dalamnya berisi piringan yang magnetis.

Data yang tersimpan di dalam Hardisk tidak akan hilang walaupun komputer kita mati (akan menyimpan otomatis). Hardisk saat ini sudah berkembang yaitu semakin tipis bentuk fisiknya dan memiliki daya tampung yang sangat besar.Hardisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire. Nah sahabat Lapkom, sudah faham dengan pengertian hardis? lalu bagaimana tips perawatan hardisk kita? langsung simak tips-tips berikut :



Cara Merawat Hardis agar awet dan Terhindar dari kerusakan :

1. Jangan Menutup Rapat Lubang Casing, hardisk memerlukan udara yang dingin untuk menjaga suhunya agar tetap dingin, karna panas dapat merusak hardisk. jadi berikanlah celah angin-angin agar udara bisa masuk dan hardisk anda tetap terjaga suhunya.

2. Matikan Komputer dengan Benar, Nah mendengar kata itu sudah tidak asing lagi di telinga karena setiap selesai menggunakan komputer tentunya kita akan mematikan komputer kita. Nah mematikan komputer harus dengan prosedur yang benar yakni melalui menu shutdown di windows kita dan tunggu hingga mati untuk melepas tegangan listriknya. karena dengan prosedur yang salah akan menyerang hardisk kita yang tiba-tiba akan berhenti mendadak tanpa tegangan listrik. Jadi matikanlah komputer dengan cara yang benar.

3. Tarus CPU di tempat yang di aliri udara, Mesin juga membutuhkan suhu yang stabil, apabila panas juga akan mengganggu kesehatannya, Seperti manusia. jangan taruh CPU pada tempat yang lembab.

4. Lakukan pengecekan hardisk dengan defrag, Nah cara ini sangat efisien untuk menjahga kinerja si hardisk. Usahakan sahabat lapkom untuk defrag harisk untuk waktu berkala seperti seminggu sekali atau sebulan sekali.

5. Pastikan kipas tetap berputar. Jika di hardisk anda tidak ada kipanya anda bisa memasangnya sendiri agar hardisk tetap dingin. dan selalu periksa power supply yang mengaliri tegangan ke dalam hardisk anda.

Tips-tips tersebut sangat efisien untuk di lakukan karena sudah terbukti bagus untuk perawatan hardisk anda, dan itu saja yang bisa di share kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih untuk kunjungannya dan jika sahabat Lapkom ada pertanyaan silahkan komentar di bawah. terimakasih.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Merawat Hardisk dan Menghindari Kerusakannya di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :