SEO is Dead, Apakah SEO Telah Mati ?

seo+is+dead+seo+telah+mati
Apakah SEO Telah Mati ?
Berita tentang Kematian SEO memang nampaknya tengah ramai-ramainya di kalangan blogger atau para praktisi SEO (khususnya).

Namun, taukah Anda apa yang membuat semua ini heboh ? yap, domain bernama seoisdead.net lah yang membuat berita tentang “kematian seo” ini menjadi semakin seru.

Sebenarnya Apa Konten Yang Ada di Situs seoisdead.net Tersebut ?

Tak lain dan tak bukan adalah karena ulahnya mengilustrasikan SEO seolah-olah seperti Kerangka (tulang) Manusia (sudah mati).

Dan ada pernyataan dari si pemilik tersebut yang sedikit mengglitik perut saya.

seo+is+dead+seo+telah+mati
Ilustrasi Logo SEOisDead.net
“ Check me out. I'm SEO and I'm totally dead. How am I still kicking so much ass ? ”
Jika, diartikan mungkin maksud dari si penulis adalah, “ Aku adalah (praktisi) SEO, dan sekarang SEO telah mati, lalu bagaimana aku bisa menendang (bertahan hidup) .

Apakah SEO Benar-benar Telah Mati ?

Ini pertanyaanya yang banyak dilayangkan di moz.com (blog + forum seo). Lalu apa jawab para “Pakar SEO” yang ada disana ?

Seluruhnya menjawab, SEO is Not Dead, SEO will die only as soon as the search engine dies atau jika diartikan SEO Belum Mati, SEO hanya akan mati, saat mesin pencari itu sendiri sudah mati.

Lalu kenapa traffic atau kunjungan di Blog saya menurun ?

Turunya traffic atau kunjungan, sebenarnya disebabkan oleh ulah Penjabaran Algoritma yang dilakukan oleh Google, yaitu seperti yang saya bilang pada postingan sebelumnya (baca : algoritma google hummingbirds), Google telah mengubah keyword kata menjadi kalimat (kumpulan kata). Jadi jika Blog Anda terlalu berambisi (berlebihan) dalam mengoptimalkan kata kunci di dalam satu Artikel, maka tak heran jika Blog Anda akan mengalami penurunan traffic yang signifikan, atau dengan kata lain Anda akan mengatakan “SEO Telah Mati” padahal itu hanya terjadi pada Blog milik Anda yang terlalu over keyword. Dan untuk blog yang tidak terlau menggemborkan suatu keyword (dalam satu halaman), maka ya Blog tersebut akan aman aman saja (berguruseo.blogspot.com contohnya, hehe).

Jadi apa Kesimpulan Dari Postingan Kali Ini ? intinya adalah SEO is Not Dead, belum mati, namun yang perlu dicatat adalah Anda tidak akan bisa menggunakan Teknik-teknik SEO di masa lalu untuk Anda terapkan pada masa sekarang, karena jelas itu tidak akan berdampak apapun (beda Algoritma). Jika ada waktu, kedepannya akan saya coba bagikan, Teknik-teknik SEO Modern (masa kini).

So, Stay tune terus ya di Berguru SEO.
Terima kasih telah membaca artikel tentang SEO is Dead, Apakah SEO Telah Mati ? di blog Tutorial Masa Kini jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :